Jumat 13 Agustus 2021, 22:05 WIB

Sandiaga: Pemuda bukan Generasi Rebahan, tapi Agen Perubahan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Sandiaga: Pemuda bukan Generasi Rebahan, tapi Agen Perubahan

Antara/Hafidz Mubarak A
Menparekraf Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, peranan generasi muda amat penting untuk mendorong kemajuan Indonesia. Generasi muda, menurutnya, tak layak disematkan sebagai generasi rebahan, melainkan generasi perubahan. 

"Milenial ini bukan generasi rebahan, tapi agen perubahan," ujarnya dalam acara Vaksin Slank Untuk Indonesia: Merdeka Bersama yang tayang di Metro TV, Jumat (13/8). 

Dari aspek pariwisata dan ekonomi kreatif, kata Sandiaga, generasi muda berperan penting. Peranan itu dapat dilakukan dari banyak hal mulai dari pendidikan hingga pelestarian lingkungan.

Dia bilang, tingkat pendidikan di suatu daerah berkorelasi erat dengan kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut. Karenanya, pemerintah mendirikan berbagai Politeknik Kepariwisataan di sejumlah wilayah yang potensial menjadi destinasi wisata. 

"Semakin tinggi kegiatan pariwisata semakin baik juga kondisi dan situasi di daerah, semakin tingi tingkat pendidikan di daerah akan memicu kegiatan pariwisata di daerah tersebut. Ada 34 juta rakyat Indonesia yang bergantung di pariwisata dan ekonomi kreatif," imbuh Sandiaga. 

Baca juga : Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 5 Provinsi Ini Tercatat Masih rendah

"Saya mendapat arahan khusus dari Presiden untuk mebuka politeknik pariwisata di Papua, sehingga nanti anak-anak papua tidak perlu ke Makassar, Lombok, atau Bali. Karena Papua itu luar biasa peluangnya. Peluang wisata Aceh, itu juga membutuhkan SDM yang mumpuni," sambungnya. 

Karenanya, dia mengapresiasi peranan Izzatul Ummi, Konselor Sekolah Sukma Bangsa, Aceh dan Pendiri Hanowene Papua Neas Wanimbo. Keduanya merupakan pegiat dan pendorong pendidikan di masing-masing wilayah. 

Neas misalnya, mendirikan komunitas Hanowene untuk memajukan pendidikkan di ujung Barat Indonesia. 

"Antusiasme pendidikan anak-anak di sini, mereka punya semangat tinggi sekali untuk sekolah, mengejar cita-cita, hanya kendalanya di sini kami kekurangan fasilitas. Guru-guru yang ditugaskan mengajar dan buku kami tidak lengkap," kata Neas. 

"Sebagai Putera Daerah Papua, saya mendirikan komunitas Honowene agar adik-adik di sini bisa belajar dan bisa baca," lanjutnya. 

Selain itu, Sandiaga juga mengapresiasi langkah Amalia Rezeki, Pendiri Sahabat Bekantan Indonesia di Kalimantan Selatan. Komunitas yang dibangun Amalia itu fokus pada pelestarian bekantan dan lingkungan habitatnya. 

Apalagi bekantan yang sejatinya merupakan maskot Kalimantan Selatan itu mulai terancam punah. Karenanya, selain melindungi dan melestarikan keberadaan Bekantan, Amalia turut mengembangkan tiga desa wisata berkelanjutan yang berorientasi pada penyelamatan bekantan dan habitatnya. 

"Bekantan ini juga maskot kebanggan Kalimantan Selatan sejak 1990, tapi kepedulian (masyarakat)nya minim, makanya kami berinisiatif melindungi dan melestarikan bekantan serta haibatnya. Kita juga mengembangkan porgram pariwisata berkelanjutan, eko wisata bekantan, dan kita tengah mengembangkan 3 desa wisata di Kalimantan Selatan," jelasnya. 

Senada dengan Sandiaga, Amalia juga meyakini generasi muda menjadi penting untuk membawa Indonesia merawat kemerdekaan dengan karya, dan pelestatian kearifan lokal. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

Yuk Mengenal 7 Pahlawan Revolusi yang Menjadi Korban PKI 

👤Febby Saraswati 🕔Selasa 30 November 2021, 09:43 WIB
Pahlawan yang gugur dalam peristiwa itu diberi gelar pahlawan revolusi karena gugur dalam peristiwa G30S/PKI atau Gerakan 30 September...
Ist/Metro TV

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Hingga 31 Maret 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:30 WIB
Jalur pendakian dari Desa Sambik Elen di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, juga untuk sementara...
ANTARA FOTO/Akbar Tado

KLHK Anggarkan Rp20 Miliar untuk Pencegahan Karhutla di Kawasan Konservasi

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 30 November 2021, 09:24 WIB
Pada 2022 mendatang KLHK memiliki pagu anggaran sebesar Rp7,1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya