Sabtu 24 Juli 2021, 07:17 WIB

Menkes Dukung Layanan Sentra Vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Menkes Dukung Layanan Sentra Vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta

MI/Dok Kemenkes
Petugas memeriksa warga yang akan divaksin covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta.

 

MENTERI Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19 massal di layanan sentra vaksinasi yang digelar Traveloka di Bandara Soekarno Hatta, Banten.

Layanan itu merupakan hasil kolaborasi antara Kemenkes RI, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP-Kemenkes), PT Angkasa Pura II (AP II), dan Traveloka.

Layanan sentra vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mendukung percepatan distribusi vaksin nasional. Kegiatan dilakukan sejak 12 Juli hingga 25 Juli 2021 di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta untuk penyuntikan dosis pertama.

Baca juga: Kemenkes: Kasus Covid-19 pada Anak Tertinggi di Juli 2021

Menkes Budi, yang melakukan peninjauan langsung kegiatan vaksinasi di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soekarno Hatta, Jumat (23/7), berharap semua masyarakat bisa divaksinasi covid-19, dan pelaksanaan vaksinasi massal oleh sektor swasta, seperti Traveloka, bisa dilakukan di wilayah lain.

Vaksinasi yang digelar Traveloka itu dibuka secara gratis untuk masyarakat umum bagi kelompok usia 18 tahun ke atas hingga Lansia. Total target penerima vaksinasi sebanyak 14.000 orang dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati mengatakan pemerintah sedang mengejar target cakupan vaksinasi 1 sampai 2 juta dosis per hari. Hal itu bertujuan membentuk kekebalan kelompok terhadap covid-19.

“Untuk mengejar target itu tidak bisa hanya dilakukan Kemenkes saja, perlu sektor lain, salah satunya sektor swasta, seperti yang dilakukan Traveloka dengan membuka layanan sentra vaksinasi gratis ini,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (24/7)

Director of Transport Traveloka Iko Putera mengatakan layanan vaksinasi di bandara merupakan salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk membantu upaya pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19 di Tanah Air.

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk mendapatkan kepercayaan dari Kemenkes, KKP, dan juga AP II untuk turut berpartisipasi dalam gelaran ini, yang mana sejalan dengan inisiatif kami sebelumnya untuk menghadirkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Traveloka di Yogyakarta dan Tangerang Selatan,” sebut Iko.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam layanan vaksinasi di bandara dapat mendaftar melalui Traveloka Xperience di aplikasi Traveloka dengan memilih tanggal dan jam kedatangan.

“Pemanfaatan teknologi di platform Traveloka memudahkan masyarakat melakukan registrasi secara daring dengan mengedepankan penjadwalan vaksinasi yang terstruktur guna menghindari penumpukan. Sebagai lifestyle superapp, kami percaya memperluas kolaborasi dan juga menghadirkan inovasi merupakan salah satu strategi dalam upaya bersama bangkit dari pandemi,” pungkas Iko. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Minta Masyarakat Waspada Meski Covid-19 Mereda

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 18:00 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tetap waspada adanya potensi penyebaran virus corona, meskipun kondisi saat...
Antara

Kuartal III 2022, Vaksin Merah Putih Ditargetkan Dapat EUA

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:45 WIB
Saat ini, LBM Eijkman sudah menyelesaikan fase research and development untuk vaksin Merah Putih, serta berhasil membuat bibit...
dok.UWG

Kampus Widyagama dan Kodam V Brawijaya Gelar Vaksinasi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:41 WIB
UNIVERSITAS Widyagama bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya ikut mendukung percepatan vaksinasi covid-19 pemerintah dengan menggelar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya