Sabtu 10 Juli 2021, 23:35 WIB

Tidak Perlu Isi Ulang dan Mudah Dibawa, Ini Cara Kerja Oksigen Konsentrator

Zubaedah Hanum | Humaniora
Tidak Perlu Isi Ulang dan Mudah Dibawa, Ini Cara Kerja Oksigen Konsentrator

Youtube Tomi Abuzairi
Ilustrasi

 

SEDIKITNYA 8.600 unit oksigen konsentrator telah diserahkan sejumlah perusahaan manufaktur kepada pemerintah Indonesia untuk membantu penanganan pandemi covid-19. Kemenperin juga melakukan pengadaan oksigen konsentrator melalui realokasi APBN dan juga mendorong PT Yogya Presisi Tekhnikatama Industri (YPTI) untuk mengembangkan inovasi alat medis ini.

Apa yang dimaksud dengan oksigen konsentrator itu dan bagaimana cara kerjanya? Tomy Abuzairi Phd, dosen Teknik Elektro dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjelaskan, oksigen konsentrator adalah instrumentasi untuk mengkonsentrasikan oksigen atau memproduksi oksigen dengan konsentrasi tinggi.

Oksigen Konsentrator bekerja dengan mengambil dan menyaring udara di sekitarnya, mengompresnya ke kepadatan yang diperlukan dan kemudian mengirimkan oksigen dalam kadar medis yang dimurnikan ke dalam sistem pengiriman dosis-pulsa atau sistem aliran berkelanjutan ke pasien.

Alat ini dilengkapi dengan filter khusus dan saringan yang membantu menghilangkan Nitrogen dari udara untuk memastikan pengiriman oksigen yang dimurnikan sepenuhnya kepada pasien.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna elektronik sehingga dapat menyesuaikan tingkat konsentrasi oksigen dan pengaturan laju oksigen kemudian pasien menghirup oksigen melalui kanula hidung atau masker khusus.

"Untuk mencegah udara yang panas, dilakukan mekanisme pendinginan. Filter akan menangkap nitrogen dan melepaskan oksigen," terangnya di kanal Youtube Tomy Abuzairi.  

Diketahui, oksigen konsentrator dapat menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan oksigen murni hingga 96%. Sebagai referensi, udara ruangan mengandung 80% nitrogen dan 20% oksigen. Oksigen konsentrator akan mengubah udara di sekitar menggunakan satu atau dua filter saringan untuk mengambil udara dari luar lalu di proses dari mesin yang nantinya akan menjadikan oksigen murni dan siap di hirup oleh pasien.

Adapun kelebihan oksigen Konsentrator ialah Anda tidak perlu isi ulang oksigen, ukuran kecil (portable) dan mudah dibawa, aman karena tidak memiliki tanki dan tidak bocor, mudah di operasikan, dan bobot alat yang lebih ringan dibandingkan oksigen tabung/silinder.

Sedangkan, kekurangan Oksigen Konsentrator ialah lebih mahal, mesin mungkin sedikit lebih berisik, dan tidak bisa digunakan jika listrik mati atau baterai habis. (H-2)

 

Baca Juga

MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...
Dok. Long Rich Bioscience Indonesia

Resveratol Bantu Menjaga dan Maksimalkan Imun Tubuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:13 WIB
Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman, termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya