Minggu 04 Juli 2021, 22:35 WIB

KLHK: TMC Cegah Karhutla di Riau Berlangsung 15 Hari

Atalya Puspa | Humaniora
KLHK:  TMC Cegah Karhutla di Riau Berlangsung 15 Hari

Antara
Lahan yang terbakar di Desa Talang Pangeran Ulu (TPU), Pemulutan Barat, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Selasa (1/6).).

 

SEBAGAI upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau dan Jambi, operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) fase kedua akan dilaksanakan mulai 3 Juli 2021 selama 15 hari ke depan.

"KLHK bersama-sama dengan BPPT, TNI AU, BNPB dan BMKG telah menginisiasi upaya TMC sebagai upaya pencegahan karhutla sejak tahun lalu. Tujuan TMC ini adalah untuk mempertahankan kebasahan lahan gambut sehingga menekan potensi karhutla di wilayah-wilayah rawan," sebut Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Laksmi Dhewanthi dalam pernyataannya.

Selain untuk mempertahankan kebasahan gambut, jelasnya, TMC juga dilakukan untuk mengisi kanal-kanal, embung dan kolam-kolam retensi areal sebagai sumber air yang dapat mendukung upaya pemadaman jika kebakaran terjadi.

Operasi TMC yang berposko di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru ini dilaksanakan oleh KLHK dan didukung oleh mitra kerja, PT RAPP Group. Pelaksanaan operasi secara teknis didukung oleh BPPT dan TNI AU. Operasi ini juga menjadi bagian penting dari upaya pengendalian karhutla Satgas Dalkarhutla Provinsi.

Berdasarkan informasi dari tim di lapangan saat ini, peralatan teknis baik pesawat maupun bahan semai telah siap di lapangan. Pesawat yang digunakan dalam operasi ini adalah jenis Casa 212-200 A-2103 dari TNI AU Skadron Udara 4 Abdulrahman Saleh Malang. Jumlah personil terdiri tujuh orang dari BPPT dan sebelas orang crew pesawat. Bahan semai NaCl yang disiapkan sebanyak 8,5 ton. Rencana setiap satu sortie penerbangan akan menyebar 800 kg bahan semai.

Operasi TMC ini akan menjangkau wilayah Riau dan sebagian Jambi di bagian Barat dan Utara. Untuk monitoring hasil pelaksanaan operasi telah disiapkan sistem Automatic Weather Station (AWS), alat pengukur curah hujan manual dan theodolit di beberapa kabupaten di wilayah Riau, seperti di Pelalawan, Dumai, dan wilayah lainnya. (H-2)

Baca Juga

Ist

KNPI dan FKPPI Siap Bersinergi Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:21 WIB
Saatnya pemuda menyatukan tekad guna membantu pemerintah, di antaranya menyukseskan program vaksinasi guna menekan angka penyebaran...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Jaringan Internet BAKTI Membuat Pulau Auki tidak Lagi Kelam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:35 WIB
Sayangnya, dari 19 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor baru 2 distrik yang terkoneksi dengan sambungan telekomunikasi...
Dok FKG Univ Moestopo

FKG Universitas Moestopo Sukses Gelar Pelatihan Dental Implan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:10 WIB
Melalui program KIT GTI di PBIKG, dokter gigi dapat memperoleh sertifikat yang berlaku lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya