Jumat 18 Juni 2021, 22:58 WIB

Lonjakan Covid-19 Diprediksi Hingga Juli, Masyarakat Jangan Lengah Prokes

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Lonjakan Covid-19 Diprediksi Hingga Juli, Masyarakat Jangan Lengah Prokes

Dok. Metro TV
Penampilan Slank di Program vaksin untuk Indonesia

 

KASUS covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Pada Jumat (18/6), kasus positif covid-19 secara nasional bertambah 12.990, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 1.963.266. Sementara itu, kasus meninggal akibat covid-19 bertambah 290, sehingga total menjadi 54.043.

Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kondisi ini sudah diprediksi, karena banyak warga yang masih memaksa untuk mudik atau pulang ke kampung halaman pascahari raya Idul Fitri. Dia menuturkan, peningkatan diperkirakan akan terus berlanjut hingga minggu pertama bulan Juli mendatang.

“Kondisi ini kita sudah prediksi karena pascaliburan Idul Fitri banyak orang yang masih nyolong-nyolong mudik. Kalau banyak orang bergerak, banyak mobilitas, tetap beraktivitas, otomatis terjadi peningkatan kasus,” kata Siti dalam acara Vaksin Slank untuk Indonesia yang tayang di Metro TV, Jumat (19/6).

“Pak Menteri Kesehatan sudah mengatakan kita musti waspada karena kemungkinan kenaikan kasus masih akan terus (terjadi) sampai dengan minggu pertama bulan Juli, tapi kita harus tetap berusaha untuk menekan jangan sampai betul-betul terjadi lonjakan kasus,” imbuhnya.

Siti menambahkan, adanya varian baru covid-19 yang beredar di Tanah Air turut berpotensi menambah beban kasus pandemi, selain mobilitas warga yang masih tinggi. Oleh sebab itu, dia meminta agar masyarakat tidak lengah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ditambah dengan vaksin yang tersedia secara gratis di fasilitas kesehatan.

Baca juga : Slank Kedatangan Dita Fakhrana, Artis Pegiat Beragam Olahraga

“Kita terus sampaikan bahwa tetap terapkan protokol kesehatan, kurangi mobilitas, dan segera ambil vaksin karena vaksin menambah kekebalan tubuh kita,” ujarnya.

“Kalau ada rasa badan kurang sehat, segera tes karena dengan segera tes, maka bisa segera diobati dan pasti tidak akan menular ke orang lain,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, penyanyi Yuni Shara menambahkan bahwa agar tubuh tetap sehat selama pandemi, perlu berolahraga dan menjaga kesehatan mental sehingga imun tetap terjaga, salah satunya dengan melakukan kegiatan menyenangkan di rumah.

“Kita harus menerima dulu bahwa ada satu keadaan baru yang kita harus adaptasi biar kita nggak stress, karena kalau kita stress imun kita turun. Kalau saya melakukan (kegiatan) yang biasanya juga sudah saya lakukan sebelumnya. Saya biasa menyapa tanaman, setiap hari subuh saya siram tanaman,” ujarnya.

“Berpikir yang baik-baik, jangan berasumsi buruk terus,” tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Menteri Agama: Perpres 82/2021 Kado Indah Buat Santri

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:25 WIB
UNTUK kedua kalinya, Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober diperingati masih dalam suasana pandemi...
Dok. Tokocrypro

Tokocrypto Dukung Penanaman Pohon Massal Melalui Tree Millions Alliance 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:13 WIB
Pada pelaksanaannya di Indonesia, 500.000 pohon direncanakan akan ditanam di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Lampung. Pepohonan yang...
Ist

Menteri LHK : Indonesia Sukses Cegah Bencana Asap Karhutla Dua Tahun Berturut-turut

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:00 WIB
Pada periode yang sama di tahun 2020 tercatat sebanyak 2.665 titik hotspot. Artinya, terjadi penurunan jumlah hotspot sebanyak 1.369 titik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya