Minggu 09 Mei 2021, 17:51 WIB

Jelang Idul Fitri, Polri Minta Pengelola Mal Antisipasi Kerumunan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Jelang Idul Fitri, Polri Minta Pengelola Mal Antisipasi Kerumunan

MI/Ramdani
Ilustrasi

 

JELANG Hari Raya Idul Fitri 1442 H, kerumunan masyarakat masih terjadi di sejumlah kota di Indonesia. Guna mengantisipasi keramaian di pusat perbelanjaan atau mal di tengah larangan mudik, Polri meminta agar pengelola tempat turut berpatisipasi.

"Jika terjadi kerumunan massa di pusat perbelanjaan, yang bertanggung jawab itu ya pengelola pusat perbelanjaan tersebut," papar Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan.

Ahmad meminta pusat perbelanjaan harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti jaga jarak, pengecekan suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan ataupun hand sanitizer.

Baca juga : Mal Central Park Banjir Pengunjung, Prokes tidak Maksimal

Ahmad menyebut bahwa aparat kepolisian akan diturunkan jika terjadi kerumunan pengunjung sampai meluber hingga ke jalan. Tindakan yang dapat diambil yaitu dengan memerintahkan warga untuk kembali ke rumah masing-masing atau memberlakukan pola antrean yang jaraknya berjauhan.

Disisi lain, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan menyiapkan skema untuk meminimalisir terjadinya kerumunan jelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Rencananya, pihak kepolisian akan melarang kegiatan yang berpotensi menciptakan kerumunan dan mengganggu keamanan serta ketertiban masyarakat di malam takbiran.

"Sasaran kami secara umum pada malam takbiran. Kemudian, kegiatan seperti konvoi kendaraan, balap liar, dan pawai-pawai termasuk juga pawai orang tidak boleh," paparnya.

Hendra mengatakan akan mengawasi beberapa lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan bahkan akan menutup tempat tersebut. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Kadin Ingatkan Penting Disiplin Prokes

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:32 WIB
Sebab, pemulihan ekonomi nasional sangat tergantung pada upaya pengendalian pandemi covid-19. Kadin juga menghormati opsi lockdown yang...
medcom.id

Penularan Covid-19 pada Anak, Rerie: Tingkatkan Kewaspadaan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:22 WIB
Rerie berharap para orangtua dan masyarakat meningkatkan kepeduliannya terhadap risiko tersebut, sekaligus menerapkan pola hidup sehat dan...
ANTARA FOTO

Menkes: RS Hanya Terima Pasien Bergejala

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 21 Juni 2021, 14:10 WIB
Kebijakan tersebut dilakukan demi meringankan tekanan di rumah sakit, terutama di daerah-daerah zona merah yang kapasitasnya sudah hampir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya