Selasa 04 Mei 2021, 10:45 WIB

BMKG: Gelombang Tinggi Capai 6 Meter, Waspadalah!

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BMKG: Gelombang Tinggi Capai 6 Meter, Waspadalah!

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi di perairan Indonesia mulai 4 hingga 6 Mei 2021 sebagai dampak pola sirkulasi udara di Timur Papua barat dan Samudra Pasifik utara Papua barat.

"Dimohon kepada para masyarakat yang tinggal serta beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Deputi bidang Klimatologi BMKG Herizal dalam keterangannya, Selasa (4/5)

Menurutnya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur Laut - Timur dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe - Talaud, Laut Banda dan Laut Arafuru," sebutnya.

Berdasarkan pantauan BMKG, perairan gelombang dengan kategori sedang 1.25 - 2.50 Meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan P. Sawu - Kupang - Samudra Hindia selatan Rotte - Kupang, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, Laut Natuna utara, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Selat Makassar bagian selatan, perairan Kep. Wakatobi bagian barat, perairan Manui - Kendari bagian timur, Laut Flores,

Perairan Kep. Sermata - Kep. Babar, perairan Kep. Sangihe - Talaud, Laut Sulawesi, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, perairan selatan Kep. Kei - Kep. Aru, Laut Arafuru bagian timur, perairan utara Papua barat, Samudra Pasifik utara Halmahera - Papua.

Sementara, untuk gelombang dengan kategori tinggi 2.50 - 4.0 Meter terjadi di beberapa perairan Indonesia di antaranya perairan barat Mentawai - Kep. Mentawai, perairan Enggano - barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda, Samudra Hindia selatan Banten - Jawa Barat, perairan selatan Banten - P. Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia Bali - Sumba, Laut Banda, perairan Kep. Wakatobi bagian timur, perairan selatan Kep. Tanimbar, Laut Arafuru.

Selanjutnya, potensi gelombang dengan kategori sangat tinggi 4.0 - 6.0 Meter berpeluang terjadi di samudra Hindia selatan Jawa Tengah dan Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu tetap waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter), kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter), kapal ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter). (H-2)

Baca Juga

Antara

IPB: Waspadai Penularan Covid-19 dari Hewan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Mei 2021, 17:03 WIB
Sebab, virus covid-19 yang mengalami mutasi pada hewan, jika menular kembali pada manusia, diperkirakan daya tularnya lebih cepat dan...
ANTARA/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS

BPJS: Capaian UHC Indonesia Sangat Cepat Dibanding Negara ISSA

👤Humaniora 🕔Kamis 06 Mei 2021, 17:00 WIB
Target BPJS Kesehatan adalah mewujudkan 98 persen penduduk Indonesia masuk dalam sistem...
Ist

Sutasoma Hotel-Jakarta Hadirkan Promo 'Lebaran Staycation' 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 15:55 WIB
Sutasoma Hotel  menghadirkan penawaran istimewa “Lebaran Holiday Package” dengan fasilitas “Kids Playground &...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya