Senin 12 April 2021, 06:00 WIB

Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

firstincare.com
Ilustrasi

 

Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Indonesia dr. Lany Dewi Wijono mengatakan, lansia sehat jasmani dan rohani apabila dia mampu berkomunikasi dengan baik, aktif bergerak dan mampu berinteraksi dengan orang lain secara sendiri.

Lalu, untuk menjaga kondisi sehat ini mereka memerlukan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga.

"Untuk menjaga kondisi kesehatan para lansia dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup, rajin berolahraga dan tetap aktif bersosialisasi dengan lingkungan baik offline atau online," kata Lany melalui siaran persnya, Minggu (11/4).

Dalam kesempatan itu, motivator Rum Martani mengatakan, rutin berolahraga, mengurangi pikiran negatif, selalu berinteraksi dengan orang lain dan selalu bersyukur menjadi kunci hidup senior agar sehat dan bahagia.

"Kunci hidup para senior adalah sehat dan bahagia. Pahami diri sendiri sebagai manusia utuh baik secara fisik, mental, sosial dan spiritual," ujar dia.

Indonesia sendiri termasuk negara yang pemerintahnya memperhatikan kehidupan para lansia, salah satunya melalui penetapan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap 29 Mei. Momen ini tak sekedar peringatan karena juga merupakan momentum untuk mengapresiasi semangat jiwa raga dan peranan penting orang-orang lanjut usia.

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia sebanyak 26,82 juta jiwa (9,92 persen). Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat seiring peningkatan kualitas hidup masyarakat yang tercermin dari bertambahnya usia harapan hidup penduduk Indonesia.

Terkait batasa usia lansia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, ada empat tahapan usia yaitu usia pertengahan (middle age) berusia 45-59 tahun, lanjut usia berusia 60-74 tahun, lanjut usia tua (gold) berusia 75-90 tahun dan usia sangat tua (very old) berusia 90 tahun ke atas. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/ M Yakub

Gus Miftah: Jangan Ikut-ikutan Pendapat Orang yang Sok Ahli

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:39 WIB
Pemeluk agama harus menyatakan ajaran agamanya masing-masing adalah benar. Tapi tak boleh menyalahkan agama orang...
Antara

10 Rekomendasi Kado untuk Pria yang Bisa Menjadi Pilihan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:35 WIB
SERING kali kita bingung barang apa yang tepat diberikan sebagai kado kepada pria, meski umumnya pria bukan pemilih tetap harus ada pilihan...
Antara

Ini Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:15 WIB
MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri di saat Pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya