Sabtu 06 Maret 2021, 10:30 WIB

Waspada, Covid-19 dapat Memicu Gangren

Atalya Puspa | Humaniora
Waspada, Covid-19 dapat Memicu Gangren

ANTARA/ M Risyal Hidayat
PERAWATAN: Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

 

BELUM lama ini muncul gejala baru covid-19 yakni gangren yang dialami seorang perempuan berusia 86 di Italia. Beberapa jari tangan perempuan tersebut menghitam karena kematian jaringan pada anggota tubuh sehingga dokter harus mengambil tindakan amputasi pada tiga jari tangannya.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, Yogyakarta dr. RM. Agit Sena Adisetiadi infeksi virus SARS CoV-2 dapat memicu gangren. Kondisi tersebut bisa terjadi karena covid-19 dapat menyebabkan gangguan pembekuan/pengentalan darah (koagulopati) dan gangguan aliran pembekuan darah yang menimbulkan gangguan oksigen ke organ tubuh tertentu.

"Gangren terjadi karena kematian jaringan yang terjadi pada anggota tubuh atau kulit karena kehilangan suplai darah atau akibat infeksi," ujarnya, Jumat (5/3).

Ia menjelaskan gangguan aliran pembuluh darah ke organ tangan atau kaki secara cepat (akut limb iskemik/ALI) bisa terjadi pada 3-15 persen kasus pasien covid-19 rawat inap. Terdapat sejumlah faktor risiko terjadinya ALI seperti penyakit jantung, penyakit gangguan kekentalan darah, dan kanker.

Sementara manifestasi gangren terlihat dari adanya perubahan warna kulit. Lalu, disertai dengan adanya rasa nyeri. Kondisi gangren yang memburuk menyebabkan amputasi pada tangan dan kaki. Apabila gangren disertai infeksi berat dapat menyebabkan infeksi menyebar ke seluruh tubuh (sepsis) dan menyebabkan kematian.

Selain diakibatkan covid-19, gangren bisa muncul akibat adanya gangguan pembekuan darah, diabetes, serta infeksi. Dengan begitu orang-orang dengan gangguan kesehatan atau penyakit tersebut berisiko terkena gangren.(H-1)

Baca Juga

Istimewa

PPNI Siap Kawal Proses Hukum Kasus Penganiayaan Perawat

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:20 WIB
PERSATUAN Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengutuk keras kasus perawat RS Siloam Sriwijaya, Palembang yang dianiaya keluarga pasien...
Antara

Wisata Alam Virtual, Sebuah Alternatif di Tengah Pandemi

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 17 April 2021, 16:35 WIB
Kkemunduran ekonomi selama pandemi covid-19 ikut memukul sektor wisata alam. Dalam merespons itu, wisata alam virtual menjadi...
Antara

Sekolah Tatap Muka, Baru 53% Sekolah yang Memenuhi Daftar Periksa

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 17 April 2021, 16:05 WIB
Hanya 53,15% satuan pendidikan dari total sekolah di Indonesia yang telah memenuhi daftar periksa terkait pembelajaran tatap muka...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya