Senin 22 Februari 2021, 14:10 WIB

Imbau Masyarakat untuk Terbiasa Sarapan Bergizi

Eni Kartinah | Humaniora
Imbau Masyarakat untuk Terbiasa Sarapan Bergizi

Dok.Energen
Konferensi pers soal pentingnya sarapan bergizi bagi masyarakat.

 

BELUM semua orang Indonesia sadar betul akan pentingnya sarapan di pagi hari. Padahal hal itu sangat penting bagi kesehatan tubuh sebelum memulai aktivitas.

Sebagian lagi masyarakat masih menganggap sarapan hanya sekedar mengisi perut tanpa memenuhi kelengkapan gizi dan kandungan seratnya. Menu yang dikonsumsi pun belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang dan mengandung serat.

Berdasarkan fakta bahwa 9 dari 10 Penduduk Indonesia kurang konsumsi serat. Padahal, sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh di antaranya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian, meningkatkan energi dan dapat berkonsentrasi lebih baik serta menjaga berat badan yang sehat, disamping itu pada saat ini kita tetap harus menjaga tubuh tetap sehat agar terhindar dari penyakit.

Baca juga: Gerakan Sarapan Sehat Digelar di 15 Kota

Melihat kesadaran masyarakat yang masih rendah tentang kandungan sarapan bergizi lengkap dan mengandung serat inilah yang mendasari Energen berkomitmen untuk terus mendukung pemenuhan gizi masyarakat Indonesia khususnya saat sarapan. Dalam rangka memperingati Pekan Sarapan Nasional yang jatuh pada 14–20 Februari dan menyambut Hari Sereal bulan depan, mereka mempertegas komitmen  untuk merangkul kesadaran masyarakat dalam membiasakan sarapan sehat bergizi dan mengandung serat.

Kebutuhan serat bagi tubuh sangatlah penting, khususnya saat sarapan. Serat memberikan banyak manfaat bagi tubuh di antaranya hasil metabolit serat dapat meningkatkan penyerapan mineral penting, menstimulasi sel kekebalan tubuh (meningkatkan imunitas) serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Sumber serat bisa didapatkan dari golongan sereal diantaranya gandum, oatmeal, beras, jagung, sorgum ataupun bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Pentingnya sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat setiap hari juga dibenarkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Daeng M. Faqih, SH, MH. “Sarapan yang baik adalah sarapan sehat bergizi dan mengandung serat. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang masih kekurangan serat, padahal serat  sangat penting, karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya pada saat sarapan."

"Sarapan dengan serat dapat membuat tubuh merasa cukup mendapat asupan, sehingga tidak mudah lapar dan  cenderung tidak makan berlebihan. Untuk itu, sarapan yang baik merupakan awal penting untuk menjalani hari yang produktif dengan penuh semangat, menjaga berat badan yang sehat, dan dapat berkonsentrasi dengan baik,” ujarnya.

Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, MS, menambahkan bahwa sarapan bergizi, berserat dan sehat penting dilakukan setiap hari. Melewatkan sarapan,  apalagi bagi anak sekolah membuat tubuh menjadi lesu, tidak bersemangat dan ceria serta sulit berkonsentrasi sehingga membuat tidak produktif.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia pada 2012, terbukti 9 dari 10 anak usia sekolah 6-12 tahun di Indonesia juga mengalami kekurangan serat saat sarapan. Padahal terpenuhinya kebutuhan serat saat sarapan itu penting, jangan sarapan asal kenyang.

“Menu sarapan bergizi dan berserat menghasilkan berbagai manfaat untuk tubuh, salah satu manfaat sarapan berserat adalah baik untuk pencernaan dan juga memberikan efek kenyang lebih lama. Karena itu, mengkonsumsi sarapan bergizi, berserat dan sehat setiap hari adalah modal penting agar tubuh sehat dan siap beraktivitas,” ujar Hardiansyah.

“Sarapan yang sehat adalah sarapan yang bergizi dan kaya serat. Serat adalah salah satu sumber nutrisi penting yang mampu bantu pencernaan untuk menyerap nutrisi secara maksimal, sehingga tubuh kita sehat dan siap beraktivitas. Melalui kampanye ‘Segelas Energen Sereal Kaya Serat Setiap Hari, Badan Sehat, Siap Beraktivitas’, kami mengajak penduduk Indonesia untuk menerapkan kebiasaan sarapan sehat yang bergizi lengkap dan kaya serat," ujar Sr. Brand Manager Energen,  Cynthia Ruslan.

“Kebiasaan sarapan sehat mengandung serat setiap hari menjadi awal yang penting dalam memulai hari. Kami berharap dapat membantu mewujudkan misi membangun generasi Indonesia yang sehat, cerdas dan aktif melalui komitmen kami dalam menyediakan produk berkualitas,” tegas Cynthia. (RO/A-1)

Baca Juga

Dok Selvi Handayani

Keluguan Mereka Jadi Pemicu Semangat

👤Selvi Handayani, Guru SDN 006 Tanah Grogot, Paser, Kaltim, Fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation 🕔Selasa 02 Maret 2021, 11:35 WIB
Tugas tidak diberikan setiap hari, tapi satu pekan sekali. Pengambilan hasil tugas bisa di sekolah atau di rumah...
ANTARA FOTO/	Aswaddy Hamid

KLHK Siapkan Helikopter untuk Pengendalian Karhutla Riau

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 02 Maret 2021, 11:16 WIB
"Dukungan helikopter dari KLHK ini untuk membantu kerja patroli atau pemantauan udara, pemadaman udara atau water boombing, dan...
ANTARA/ Raisan Al Farisi

IDI Ingatkan Pembukaan Sekolah Belum Bisa Nasional

👤Humaniora 🕔Selasa 02 Maret 2021, 10:05 WIB
Kebijakan ini dikeluarkan karena semakin muda peserta didik atau jenjang sekolah, semakin sulit melakukan pendidikan jarak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya