Rabu 03 Februari 2021, 16:35 WIB

KNKT Akui Masih Kesulitan Temukan CVR Pesawat SJ-182

Insi Nantika Jelita | Humaniora
KNKT Akui Masih Kesulitan Temukan CVR Pesawat SJ-182

Medcom.id/Yurike.
Potongan dinding pesawat Sriwijaya Air SJ-182

 

KETUA Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjanto mengaku masih kesulitan menemukan kotak hitam berupa perekam suara kokpit atau Cockpit Voice Recorder (CVR) Pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Seperti diketahui, Pesawat Sriwijaya Air Boeing 735-500 classic series dengan kode penerbangan SJ-182 dengan rute Jakarta-Pontianak mengalami kecelakaan di perairan Kepulauan Seribu pada (9/1).

Baca juga: Pada Wetlands Day, Pemerintah Terus Lindungi Gambut dan Mangrove

"Pencarian memory unit CVR dikukan tanpa bantuan under water locaton beacon. Kami mencari CVR meraba-raba di dasar laut. Ini jadi kesulitan sendiri yang kita hadapi," kata Soerjanto dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (3/2).

Soerjanto mengatakan, pada (12/1), Tim SAR Gabungan telah berhasil menemukan Flight Data Recorder (FDR) milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang diperkirakan jatuh di sekitar perairan pulau Laki dan pulau Lancang Kepulauan Seribu.

Data FDR tersebut, berhasil diunduh dengan total 370 parameter, merekam 27 jam penerbangan, termasuk penerbangan SJ-182.

Soerjanto juga menjelaskan, dari temuan awal data Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B), diungkapkan bahwa pesawat terakhir kali memancarkan data pada pukul 14.40 WIB dan menunjukkan pesawat berada di ketinggian 250 kaki dari permukaan laut.

Mesin pesawat, termasuk turbin dikatakan tidak mati saat kecelakaan. Hal ini diindikasi berdasarkan temuan KNKT, soal hancurnya bagian turbin pesawat SJ-182 di dalam laut.

"Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tidak mengalami kerusakan signifikan dalam tiga hari sebelum insiden kecelakaan terjadi. Catatan itu sejak 6 hingga 9 Januari 2021," pungkas Soerjanto. (OL-6)
 

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya