Jumat 29 Januari 2021, 16:20 WIB

Kurva Covid-19 belum Capai Puncak dan Kegagalan PPKM

Ardi Teristi Hardi | Humaniora
Kurva Covid-19 belum Capai Puncak dan Kegagalan PPKM

MI/Ardi.
Epidemiolog UGM Riris Andono.

 

PENULARAN covid-19 di Indonesia belum bisa dikendalikan. Ini berarti diperlukan kebijakan yang lebih serius untuk mengatasi pandemi. Kurva pandemi covid-19 di Indonesia pun dinilai belum mencapai puncak.

"Ini tanda kita sedang dalam periode yang menanjak tinggi, karena penularan sudah meluas di masyarakat," kata epidemiolog UGM Riris Andono lewat siaran pers dari Humas UGM, Jumat (29/1). Hal itu menanggapi sejuta kasus covid-19 yang dicapai Indonesia pada Selasa (26/1).

Ia mengatakan kurva pandemi covid-19 sempat melandai. Tapi, ketika mobilitas penduduk mulai dilonggarkan tingkat penularan pun terus meningkat. Bahkan, kapasitas rumah sakit tidak lagi mampu menampung seluruh pasien covid-19.

Ketika kondisi penularan sudah begitu masif, penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) tidak cukup. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali selama dua minggu pada 11-25 Januari lalu juga dirasa tidak cukup efektif untuk menekan penularan.

Pasalnya, pada kenyataannya, tingkat mobilitas masyarakat tidak banyak berubah. Ia khawatir kebijakan yang tidak dilakukan secara maksimal dapat menurunkan kepercayaan masyarakat.

"Kebijakan yang setengah-setengah hasilnya justru akan kontraproduktif. Masyarakat jadi tidak percaya dengan PPKM karena mereka lebih susah, tapi ternyata kasusnya justru meningkat," kata Riris. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha/aww.

Kasus Covid-19 Global Meningkat, Satgas: Waspada Libur Sekolah dan Idul Adha

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:55 WIB
Periode saat ini periode libur anak sekolah yang cenderung meningkatkan mobilitas masyarakat ke tempat-tempat wisata. Ditambah, mendekati...
Ist

Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:43 WIB
Sebagai test publisher, Faxtor Indonesia terus berfokus dalam pengembangan alat ukur psikologi dengan tetap menjaga integritas...
Freepik

Aktivitas di Media Digital Perlu Kedepankan Etika

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:43 WIB
Segala aktivitas digital dan menggunakan media digital memerlukan etika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya