Sabtu 02 April 2016, 21:00 WIB

DIY Mulai Distribusikan Soal UN Terulis

Ardi Teristi Hardi | Humaniora
DIY Mulai Distribusikan Soal UN Terulis

ANTARA FOTO/Maulana Surya

 

DINAS Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Sabtu (2/4), mulai mendistribusikan soal ujian nasional (UN) tulis SMA atau sederajat ke 32 kelompok kerja yang ada wilayah itu. Soal UN itu didistribusikan dengan menggunakan enam mobil boks dan pengawasan dari pihak kepolisian.

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menyampaikan, jumlah armada yang mendistribusikan soal UN tahun ini sudah turun setengahnya jika dibandingkan dengan tahun lalu. "Jumlahnya soal UN (berbasis kertas) sudah turun ketimbang tahun lalu karena semakin banyak sekolah yang melaksanakan ujian berbasis komputer," kata dia di GOR Amongrogo, Kota Yogyakarta, seusai melepas armada yang mendistribusikan soal-soal UN, Sabtu pagi.

Namun, ia berharap, tim yang bertugas mendistribusikan soal tetap serius dalam menjaga soal UN. Menurut dia, penjagaan soal tetap penting agar UN dapat berjalan dengan baik dan berintegritas.

Secara keseluruhan, jumlah perserta ujian SMA dan sederajat di Provinsi DIY sebanyak 48.589 siswa. Dari jumlah siswa tersebut, dua di antaranya harus mengerjakan ujian di lembaga pemasyarakatan (Lapas).

"Ada dua siswa paket C yang harus melaksanakan ujian di tahanan, yaitu satu di Lapas Sleman dan satu di Lapas Gunungkidul," kata dia.

Baskara Aji menyampaikan, dua siswa itu tetap akan melaksanakan ujian di dalam tahanan dengan difasilitasi oleh Lapas. Pengawasan terhadap mereka pun sama dengan pengawasan di kelas-kelas, yaitu dua pengawas dan seorang petugas dari paket C.

Rinciannya, peserta UN berbasis kertas untuk SMA, MA, dan sederajat sebanyak 178 sekolah dengan jumlah siswa 12.708. Adapun yang berbasis komputer sebanyak 44 sekolah dengan jumlah siswa 7.969.

Sedangkan peserta UN berbasis kertas untuk SMK sebanyak 99 sekolah dengan jumlah siswa 4.893, adapun yang berbasis komputer 119 SMK dengan jumlah siswa 20.487.

UN untuk SMA Luar Biasa dengan ketunaan A, B, dan E ada 15 sekolah dengan jumlah siswa 35. UN ketunaan di SMA dan MA Inklusi dengan jumlah siswa ada 17, yaitu tunanetra 5, tunarungu 8, dan low vision 4. UNPaket C diselenggarakan oleh 61 Pusat Kegiatan Belajar Masyakat (PKBM)/Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dengan jumlah
siswa 2.497. (AT/OL-5)

Baca Juga

DOK Kemenkominfo.

Kemenkominfo Targetkan 5,5 Juta Masyarakat Peroleh Literasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:29 WIB
Mengutip survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APGI) pada 2022, lebih dari 210 juta penduduk Indonesia atau 77,02% dari total...
Antara

Update 29 Juni: 64 Ribu Orang Terima Vaksin Dosis Kedua

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:47 WIB
Total sebanyak 14.554.522 lansia telah menerima vaksin dosis lengkap per Rabu...
ANTARA

Pemerintah Evaluasi Rutin Perkembangan Wabah PMK

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:35 WIB
Saat ini penyakit PMK selain menjangkiti hewan sapi, juga sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya