Jumat 01 April 2016, 17:23 WIB

Wapres Swiss Kunjungi BMKG

Micom/RO | Humaniora
Wapres Swiss Kunjungi BMKG

Ist
Wapres Swiss Kunjungi BMKG

 

BADAN Meteorilogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi salah satu lembaga pemerintahan yang dikunjungi oleh Wakil Presiden Republik Swiss Mrs Doris Leuthard.

Kunjungan tersebut Dalam Rangka the Global Climate Obeserving System (GCOS) dan WMO Global Atmosphere Watch Programme (GAW), yang merupakan proyek Capacity Building and Twinning for Climate Observing System (CATCOS) dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengukuran Gas Rumah Kaca dan Aerosol di beberapa Negara yang memiliki kekosongan data (data gaps).

Kepala BMKG Andi Eka Sakya mengatakan bahwa dengan diadakannya kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan ketersediaan pengamatan data-data atmosfer untuk dihubungkan ke dalam beberapa pusat data dunia.

“Untuk memonitor kerja sama BMKG dengan Federal Office Meteorology and Climatology MeteoSwiss-Switzerland terkait kegiatan CATCOS, Maka pada hari ini Wakil Presiden Republik Federal Swiss melakukan kunjungan ke Indonesia. Ungkap Andi di Kantor BMKG, Jl Angkasa Pura, Jakarta Pusat, Rabu (30/3).

Andi Juga mengutarakan Kegiatan CATCOS merupakan sebuah proyek kerja sama yang diinisiasi oleh the Swiss Agency for Development and Cooperation (SDC) dengan MeteoSwiss sebagai mitra koordinasi dan didanai oleh Kementerian Luar Negeri Pemerintah Federal Swiss.

“Proyek ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas pengamatan khususnya bagi variabel iklim seperti aerosol”. Ujar Andi.

Sementara itu, Andi Eka menyebutkan terdapat beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti Pemasangan 2 (dua) peralatan monitoring aerosol (Nephelometer Model Aurora 3000 Ecotech Inc) dan black carbon (Aethelometer Model AE31 Magee Sci Inc) di Stasiun Bukit Kototabang pada bulan Juni 2012. Kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia yang diikuti satu staf dari Stasiun GAW untuk mengikuti Training CATCOS Aerosol Data Workshop yang diadakan oleh Paul Scherer Institute (PSI) di Villigen, Swiss dari tanggal 27-31 Januari 2013. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Libur Sekolah dengan Keseruan Kolaborasi Bigland Hotel Bogor dan Faber Castell

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 11:24 WIB
Libur panjang sekolah kali ini Bigland Hotel Bogor berkolaborasi bersama Faber Castell dalam menghadirkan kegiatan ramah anak yang seru dan...
Ist

Pemanfaatan Hutan Berkelanjutan Jadi Solusi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 11:03 WIB
Pemerintah menegaskan akan terus mendorong pemanfaatan hutan lestari, pembangunan berkelanjutan dan berkomitmen pada upaya pengendalian...
MI/Susanto

Jemaah Haji Indonesia yang Alami Gejala Kelainan Jantung Harap Segera Lapor

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:53 WIB
Tiga keluhan penyakit jantung jemaah haji Indonesia yakni gagal jantung, penyempitan pembuluh darah di jantunng dan gangguan pada irama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya