Jumat 15 Januari 2021, 02:37 WIB

Antisipasi Kejadian Pascavaksin Covid-19, DKI Siapkan 21 RS

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Antisipasi Kejadian Pascavaksin Covid-19, DKI Siapkan 21 RS

Ilustrasi
Rumah Sakit

 

VAKSINASI covid-19 telah dimulai di DKI Jakarta hari ini yang diberikan pertama bagi tenaga kesehatan. Meski telah dinyatakan aman untuk digunakan masyarakat, Pemprov DKI Jakarta tetap mengambil  langkah untuk mengantisipasi bila terjadi dampak atau efek samping yang terjadi pascavaksin.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam konferensi pers daring hari ini mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 21 RS yang bisa digunakan oleh masyarakat yang merasakan efek samping dari vaksin covid-19.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Wajib Donor Plasma

"Kami menyiapkan 21 RS untuk mengantisipasi kejadian pascavaksin kalau memang warga memerlukan perawatan," kata Widyastuti, Kamis (14/1).

Pihaknya juga telah menyiapkan berbagai langkah untuk memitigasi terjadinya efek samping vaksin covid-19. Langkah tersebut yakni memberikan bimbingan kepada tenaga kesehatan. 

Bimbingan tersebut diberikan juga oleh tenaga medis dari organisasi seperti organisasi profesi penyakit dalam dan paru serta juga dari spesialis anak.

"Tentu kami harus memitigasi agar warga juga bisa secara sederhana mengenali gejalanya. Kami memberikan fasilitas bimbingan ini juga kepada faskes pemberi vaksin," ujarnya.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersama Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMDA PP KIPI) telah mempersiapkan tim untuk melakukan monitoring dampak pasca vaksinasi di setiap tingkatan administrasi.

Sementara itu, sebelumnya dijelaskan oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny Lukito bahwa beberapa efek samping vaksin covid-19 dengan merek Sinovac yakni pegal, pembengkakkan, hingga demam. Untuk jumlah rendah yakni sekitar 0,1% gejala berat yang ditimbulkan adalah diare hingga gangguan kulit. (OL-6)
 

Baca Juga

Ist

AH YAT Abalone Forum Restaurant Malang Siap Sajikan Paket Imlek

👤mediaiindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:28 WIB
Untuk perayaan tahun baru Imlek ini, AH Yat Abalone Malang menawarkan dengan package family dinner dan individual dinner yang dapat...
AFP

KIPI: Semua Penerima Vaksin Covid-19 Sehat

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:27 WIB
Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-imunisasi (Komnas KIPI) menyebutkan tidak ada dampak serius paska imunisasi covid-19. Program...
MI- Kristiadi/Humas Basarnas Bandung

Longsor Cihanjuang, Perlu Penguatan Mitigasi

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:20 WIB
Drainase yang tidak baik juga menjadi faktor yang mengakibatkan mudahnya kemungkinan longsor apabila terjadi curah hujan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya