Jumat 01 April 2016, 13:08 WIB

Komodo Exercise 2016 Peluang Sumbar Promosikan Wisata

Administrator | Humaniora
Komodo Exercise 2016 Peluang Sumbar Promosikan Wisata

ANTARA FOTO/Basri Marzuki

 

INDONESIA bakal disambangi banyak wisatawan mancanegara. Mereka adalah anggota militer dari 35 negara sahabat yang akan mengikuti latihan militer bersama di Sumatra Barat (Sumbar). Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) akan berlangsung bulan ini.

"Sumatra Barat punya Mandeh, Raja Ampat dari Barat, punya bukit, hutan, sungai, laut, dan punya Bukit Tinggi. Selamat berlatih bersama," ujar Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Perhelatan yang biasa disebut dengan Komodo Exercise itu akan berlangsung 9-16 April mendatang. Negara-negara yang dipastikan hadir antara lain adalah Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, kanada, Cile, Kolumbia, Tiongkok, Inggris, Prancis, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Malaysia, Meksiko, serta Amerika Serikat.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat Burhasman mengatakan, perhelatan skala international itu melahirkan banyak ide bagi Pemkot Padang untuk mengkombinasikan berbagai kegiatan di even tersebut.

"Maka even itu dimulai lebih awal agar kami punya waktu untuk berpromosi. Kami akan melaksanakan Sumatera Barat Maritime Expo juga akan digelar Festival Budaya Sumbar yang dipersembahkan untuk wisatawan dan tamu-tamu negara sahabat,” ujarnya.

Lebih lanjut Burhasman mengatakan, kegiatan yang akan mengisi Festival Budaya Sumatera Barat ini di antaranya lomba lari Padang 10K, pelepasan anak penyu, sepak bola pantai, panggung hiburan, lomba masak, festival band pelajar dan lainnya. "Selain itu akan ada Mandeh Joy Sailing yakni pelayaran wisata menuju kawasan wisata Mande,” katanya.

Menurutnya, Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya Sumatera Barat juga bisa merevitalisasi obyek-obyek wisata dengan cara mengangkat pelestarian seni budaya dan penguatan adat istiadat. "Dalam acara ini dipaparkan juga pemahaman tentang kemaritiman sebagai bagian dari potensi industri pariwisata,” kata Burhasman. (RO/OL-2)

Baca Juga

MI/SUSANTO

Makam Mbah Moen di Al Ma'la Tak Pernah Sepi Peziarah

👤Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 13:10 WIB
Pemakaman Al Ma'la Tempat Mbah Moen Dikebumikan...
MI/Rudi

Panja Beberkan Lima Isu Krusial RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 13:05 WIB
PANJA RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi menyampaikan ada lima isu krusial yang disepakati dengan...
Foto/Twitter/@Menlu_RI

Masyarakat Diminta Patuh Kebijakan Pengendalian Covid-19

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:54 WIB
Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan, di tengah kondisi yang dinamis ini, pentingnya masyarakat mengingat kembali kebijakan-kebijakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya