Selasa 12 Januari 2021, 13:30 WIB

Lapan Hub Covid-19, Fitur Realtime Zona Bahaya Virus Berbasis GIS

Zubaedah Hanum | Humaniora
Lapan Hub Covid-19, Fitur Realtime Zona Bahaya Virus Berbasis GIS

Instagram
Layar tangkap Lapan Hub Covid-19.

 

LEMBAGA Antariksa dan Penerbangan Indonesia (Lapan) telah membangun Lapan Hub Covid-19, sebuah laman web pemanfaatan informasi covid-19 berbasis geo-informasi. Pemanfaatan fitur berbasis penginderaan jauh dan Geographic Information System (GIS) ini dikenalkan dalam lokakarya dan pelatihan daring pada 11-13 Januari 2021.

Dilansir dari akun medsosnya, Lapan menyebutkan, bahwa kelebihan dari platform ini adalah mampu menyediakan informasi near real-time hingga data kelurahan, sehingga pemerintah dan masyarakat mampu merespon dengan cepat dalam pengambilan keputusan terkait pandemik. Selain itu, Lapan Hub Covid-19 juga mampu memberikan informasi terkait potensi bahaya dan zona kerentanan covid-19.

Pelatihan dan lokakarya bertajuk How Space Technology Applications Contributed to Combating COVID-19: Development of Lapan Hub Covid-19 itu dihadiri total 83 peserta yang terdiri dari peserta dari Lapan sebanyak 21 peserta, pemda sebanyak 30 peserta, kementerian/lembaga sebanyak 18 peserta, dan internasional sebanyak 14 peserta.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama @lapan_ri dengan United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP).

Covid-19 adalah kependekan dari Coronavirus Desease 2019 yang muncul pada 2019 di kota Wuhan, Tiongkok. Dari hasil identifikasi virus, Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov-2).

Coronavirus termasuk dalam keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). (H-2)

Baca juga : Berburu Darah Plasma Penyintas Covid-19

 

 

Baca Juga

BPMI/ Lukas

Gelar Zikir Virtual, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ikhtiar Lawan Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:43 WIB
Menurut Jokowi, doa merupakan kekuatan yang dahsyat untuk membangkitkan harapan dan...
Dok NasDem

NasDem Minta Warga Datang Sesuai Jadwal untuk Vaksinasi Kedua

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:20 WIB
Pemberian vaksin dosis pertama dimulai 5 Juli- 1 Agustus 2021. Sementara untuk dosis keduanya dimulai 2 hingga 29 Agustus...
Antara

Pertumbuhan Awan Meningkat, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Senin, 2 Agustus 2021

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 22:05 WIB
POLA perlambatan kecepatan angin menunjukkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah besok, Senin, 2 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya