Rabu 30 Desember 2020, 14:50 WIB

Alami Gejala Anosmia? Ini 5 Cara Alami Pulihkan Penciuman Anda

Zubaedah Hanum | Humaniora
Alami Gejala Anosmia? Ini 5 Cara Alami Pulihkan Penciuman Anda

Antara
Minyak dari biji jarak dipercaya bisa mengembalikan gangguan penciuman saat terkena covid-19.

 

MENGHILANGNYA indra penciuman dan perasa merupakan salah satu gejala terinfeksi virus korona (covid-19). Jika Anda merasakan gejala tersebut sebaiknya lakukan 5 cara alami ini untuk mengembalikan indra penciuman dan perasa Anda.

1. Biji Karom

Dikutip Times of India, biji karom dianggap sebagai obat terpercaya untuk melawan pilek dan alergi. Rasanya yang pahit disebutkan dapat meningkatkan kembali fungsi indra penciuman dan kemampuan seseorang untuk mencium.

2. Bawang Putih

Bawang putih menjadi obat anti-virus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Bawang putih memudahkan pernapasan dan membantu memulihkan indera penciuman dan rasa lebih cepat.
Meskipun bawang putih tidak dapat dihirup, Anda dapat menyesap aroma bawang putih yang telah dihancurkan.

3. Bubuk Cabai Merah atau Rawit

Bumbu pedas seperti cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indra penciuman. Bubuk cabai efektif membersihkan hidung yang tersumbat, mengaktifkan, dan meningkatkan fungsi indra penciuman. Ini juga sangat membantu dalam mengatasi flu.
Cara menggunakannya, campur bubuk cabai dengan secangkir air atau tambahkan zat pemanis berupa madu.

4. Minyak Esensial

Banyak praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien covid-19 untuk mencoba pelatihan penciuman, yaitu mencium empat minyak esensial yang berbeda (minyak mawar, cengkih, lemon, dan kayu putih) selama 20-40 detik, masing-masing dua kali atau tiga kali sehari.

5. Minyak Jarak (Minyak Kastroli)

Minyak jarak mengandung penuh dengan sifat anti-oksidan, anti-inflamasi. Minyak ini telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung.

Minyak ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indra penciuman hingga batas tertentu. Minyak jarak dapat digunakan secara teratur selama periode pemulihan.

Beragam pilihan di atas bisa menjadi alternatif. Namun jika ingin mendapatkan kepastian, tak perlu takut untuk segera berobat ke dokter.

Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun. (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

dok.humas BNI

BNI Salurkan Bantuan untuk Perawat dan Bidan di 17 Wilayah

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 07:55 WIB
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan di daerah - daerah yang jauh dari fasilitas...
MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya