Jumat 18 Desember 2020, 21:50 WIB

Unpad dan British Council Kenalkan Modul Active Citizen

Faustinus Nua | Humaniora
Unpad dan British Council Kenalkan Modul Active Citizen

Unpad
Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti

 

UNIVERSITAS Padjadjaran (Unpad) dan British Council mengenalkan inovasi mata kuliah baru untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa yang disebut Olah Kreatifitas dan Kewirausahaan. Mata kuliah tersebut dikembangkan dengan mengadopsi program Active Citizen British Council dan sebanyak 6.000 mahasiswa telah menyelesaikan mata kuliah ini.

Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengungkapkan program itu dibuat untuk mendukung kebijakan Kampus Merdeka yang menganjurkan peningkatan kegiatan belajar dan mengajar di luar program studi.

"Hari ini, mahasiswa menyelenggarakan pameran proyek aksi sosial dengan mengikuti alur pembelajaran dari silabus Active Citizen. Active Citizen memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu mengembangkan rasa percaya diri dan empati, menghargai pendapat serta situasi orang lain serta memahami lebih mendalam berbagai macam sistem di masyarakat," ungkapnya, Jumat (18/12).

Program tersebut dimulai dengan Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang didesain untuk mahasiswa tahun pertama di Unpad. Kurikulum TPB antara lain memuat Program Olah Kreativitas dan Kewirausahaan yang menggunakan modul Active Citizen yang diadopsi dari British Council.

"TPB merupakan fondasi untuk menyiapkan mahasiswa mampu berfikir komprehensif dan bersikap mandiri dalam menghadapi seluruh kehidupan mereka di kampus maupun di masyarakat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi," imbuhnya.

Direktur British Council Indonesia, Hugh Moffatt mengatakan berbagai macam proyek aksi sosial yang ditampilkan hari ini menandakan momentum spesial mengetahui bahwa generasi muda Indonesia bersemangat untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif.

"Saat ini banyak persoalan sosial seperti pandemi Covid-19, perubahan iklim dan isu lingkungan, literasi, kesehatan mental hingga penguatan komunitas. Saya terinspirasi oleh beragamnya dampak dari aksi sosial ini di tengah masyarakat," tuturnya.

Program Active Citizen British Council telah memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan bagi ratusan ribu orang di seluruh dunia dan menanggapi beberapa tantangan besar sosial di abad ke-21.

"Hari ini saya sangat bangga melihat Active Citizen menjadi sebuah katalis bagi kolaborasi positif, tidak hanya pada level komunitas namun juga bagi hubungan antara Inggris dan Indonesia melalui kerja sama pendidikan untuk mendukung visi Kampus Merdeka,” lanjut Moffat.

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menambahkan kerja sama di bidang pendidikan merupakan salah satu bagian penting dari hubungan Indonesia dan Inggris. Saat bertemu Presiden Jokowi tahun lalu, imbuhnya, kemungkinan besar sektor ini merupakan area penting dalam mengembangkan hubungan Inggris dan Indonesia.

Menurutnya, ada berbagai macam contoh bagaimana generasi muda di seluruh dunia mengorganisir diri mereka sendiri untuk membantu proses pembagunan dan pada akhirnya mengubah dunia menjadi lebih baik. Pemikiran baru, kreativitas dan ide dari para generasi muda sangat dibutuhkan saat ini.

"Memfasilitasi kreativitas muda dengan alat untuk membangun dan memimpin koalisi bagi perubahan, dan menjadikannya nyata, merupakan bagian luar biasa dari proyek ini," tutupnya. (H-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PPKM Level 2 Jakarta Diperpanjang Hingga 31 Januari 2022

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:39 WIB
Pemerintah memutuskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di DKI Jakarta diperpanjang hingga 31 Januari ini. Hal ini...
Dok BenihBaik.com

501 Anak Panti Asuhan Terima Donasi Rp98.997.600 dari TheFoodHall

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:23 WIB
Sebanyak 501 anak panti asuhan di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi menerima donasi senilai Rp98.997.600 dari...
Ant/Akbar NG

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 30 Januari, Jabodetabek Level 2

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:36 WIB
PEMERINTAH memperpanjang aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali hingga 30 Januari. Jabodetabek masuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya