Kamis 26 November 2020, 20:10 WIB

Di Hari Disabilitas, Yayasan Helping Hands Gelar InklusiFest 2020

mediaindonesia.com | Humaniora
Di Hari Disabilitas, Yayasan Helping Hands Gelar InklusiFest 2020

Antara
Para penyandang disabilitas akan memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember mendatang.

 

YAYASAN Helping Hands menyelenggarakan InklusiFest 2020 secara daring selama 1-5 Desember 2020 melalui platform Zoom dan YouTube Live dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember.

Yayasan Helping Hands ialah yayasan yang memiliki misi mempromosikan nilai-nilai inklusivitas melalui berbagai program pengembangan karakter yang mempertemukan dunia disabilitas dan non-disabilitas.

Direktur Eksekutif Yayasan Helping Hands Wendy Kusumowidagdo menjelaskan InklusiFest ialah festival satu pekan untuk merayakan inklusivitas disabilitas di Indonesia.

“Dalam rangka hari Disabilitas Internasional, kami ingin mengobarkan semangat inklusivitas berupa perayaan festival yang aman, nyaman dan unik, secara interaktif meskipun acara berjalan virtual,” urai Wendy.

InklusiFest 2020 diisi dengan acara-acara edukatif, partisipatif dan interaktif, serta menghibur melalui media virtual. InklusiFest akan menampilkan publik figur disabilitas dan non-disabilitas dengan tiga topik utama yakni education, wellness, dan arts. Berbagai figur publik itu antara lain Angkie Yudistia, Ananda Sukarlan, dan Chiki Fawzy.

“Tujuan besar InklusiFest ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang inklusivitas terhadap disabilitas melalui sharing-sharing inspiratif dan berinteraksi langsung dengan individu disabilitas,” papar Wendy.

Lebih lanjut Wendy memaparkan InklusiFest 2020 digelar dengan format acara live talkshow/webinar dan kelas-kelas workshop interaktif. Acara lainnya yang menarik yakni workshop blind make up, blind adventure, belajar sign language, dan stand up comedy disabilitas.

“Kami juga akan berupaya memecahkan rekor 400 Jam Interaksi Inklusif yaitu mempertemukan 400 individu dari dunia disabilitas dengan dunia non-disabilitas dalam 1:1 dialog deep-talk selama 1 jam,” ungkap Wendy.

Dalam pembukaan acara festival hadir sebagai opening keynote speech yakni Staf Khusus Presiden RI Angkie Yudistia, Ananda Sukarlan (pianis dan aktivis), Asep Sukmayadi (Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Aris Subiono, (Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga).

Acara InklusiFest 2020 bersifat universal, sehingga semua orang yang tertarik dapat mengikuti event setelah mendaftar secara daring

 “Meski demikian kami mengundang khusus siswa sekolah luar biasa (SLB), sekolah umum, dan individu profesional (corporate),” papar Wendy.

Untuk mengikuti festival itu peserta dapat mendaftar daring melalui tautan bit.ly/InklusiFest2020 dengan biaya pendaftaran mulai dari Rp50 ribu-Rp150 ribu. "Pemasukan dari festival ini disalurkan kembali untuk program pemberdayaan disabilitas yang diprakarsai Yayasan Helping Hands seperti beasiswa bagi siswa SLB dan komunitas disabilitas," ucapnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok MI

Metode Karantina Daring untuk Peserta CPNS

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:04 WIB
Bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 2018 itu telah memiliki 4.000 lebih peserta dan meluluskan 1.340 peserta PNS selama tiga tahun...
Antara

Indonesia Alami 197 Bencana Selama 23 Hari di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:00 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1...
MI/Duta

Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 98 Juta Tahun

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:05 WIB
FOSIL dinosaurus berusia 98 juta tahun ditemukan di Argentina. Para ilmuwan percaya bahwa fosil raksasa itu mungkin milik dinosaurus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya