Kamis 26 November 2020, 13:05 WIB

Pentingnya Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Eni Kartinah | Humaniora
Pentingnya Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Dok.TIA
Sejumlah tanaman herbal asli Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

MASIH tingginya jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia mengharuskan masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan. Apalagi di tengah masa pelonggaran PSBB saat ini, risiko terhadap paparan covid-19 menjadi semakin terbuka. Karena itu masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh secara seimbang dan optimal, karena imunitas tubuh tidak akan bisa tercapai dengan baik jika tubuh tidak sehat.

Pola hidup sehat menjadi penting dalam pengaturan kedua hal tersebut dan tidak kalah pentingnya adalah asupan suplemen yang tepat pakai dan tepat guna untuk mendukung tercapainya manfaat yang optimal. Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat akan kedua hal tersebut, PT Tunggal Idaman Abdi atau TIA Pharma meluncurkanproduk herbal modern berbahan alami yakni erbatia Sari Imuno sebagai imunostimulan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan Herbatia Sari Oxyfit sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Baca juga: Probiotik Dipercaya Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

“Indonesia sangat kaya akan tanaman obat yang unggul, bahkan Pemerintah Indonesia telah mendukung sejumlah riset untuk pengembangan obat tradisional dan jamu Indonesia karena merupakan warisan budaya yang telah terbukti secara empiris memelihara kesehatan tubuh," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal).

"Namun demikian kita hendaknya bisa mengenali dengan baik kandungan yang terbukti membawa manfaat bagi tubuh kita. Tanaman asli Indonesia seperti kunyit, temulawak, jahe merah misalnya, mengandung zat aktif yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sedangkan kulit delima, kulit manggis dan temukunci dikenal luas memiliki khasiat terpercaya untuk meningkatkan kesehatan,” lanjutnya.

“Temulawak, yang merupakan tanaman herbal khas Indonesia, berfungsi sebagai adaptogen yaitu zat yang mampu meregulasi hormon agar beradaptasi dengan stres fisik maupun lingkungan, sehingga mampu meningkatkan stamina dan energi. Sedangkan jahe merah memiliki efek imunostimulan dengan kandungan zat aktif gingerol, shogaols dan antosianidin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta aktifitas fagositosis yang kuat. Adapun Kunyit dengan zat aktif kurkumin yang dikandungnya, mampu meningkatkan respon imunitas seluler disertai efek antiinflamasi yang kuat,” papar Inggrid.

Sementara itu managing Director PT Tunggal Group, dr. Hendra Gunawan, MBA, menambahkan sebagai bagian dari bangsa Indonesia, mereka ingin menjaga serta meningkatkan kesehatan dan imunitas masyarakat.  “Dalam menjalani aktivitas di tengah pandemi, masyarakat seyogyanya tetap waspada dengan selalu menomorsatukan kesehatan dan imunitas tubuh secara bersamaan.”

Hal senada dikatakan Head of Sales & Marketing PT Tunggal Idaman Abdi, dr. Maria Fatimah Deasy Gelu. "Herbatia Sari Imuno dan Herbatia Sari Oxyfit diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan dan imunitas tubuh baik diri sendiri maupun keluarga, agar stamina tetap terjaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari baik di rumah saja maupun di luar rumah.” (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/ Nova Wahyudi

Sinergitas Mutlak Dibutuhkan untuk Capai Herd Immunity

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:40 WIB
Beberapa polemik harus segera diatasi oleh pemerintah dengan bijak, mengingat tantangan program vaksinasi adalah masih banyaknya masyarakat...
Ist

Presiden Jokowi Ajak Dunia Kerja Bersama Adaptasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:37 WIB
Presiden RI Joko Widodo Imengajak negara-negara di dunia untuk bekerja keras bersama-sama atasi perubahan iklim sekaligus pandemi...
MI/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Serukan Langkah Global Tangani Dampak Perubahan Iklim

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:30 WIB
Perubahan siklus iklim yang terjadi membuat para petani dan nelayan di Tanah Air harus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya