Kamis 12 November 2020, 16:24 WIB

Komnas PA: Pastikan Galon Air Minum Aman untuk Anak-Anak

Mediaindonesia.com | Humaniora
Komnas PA: Pastikan Galon Air Minum Aman untuk Anak-Anak

Dok. Pribadi
Ilustrasi

 

KETUA Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait meminta masyarakat cermat dalam memilih produk galon plastik air minum. Kemasan galon isi ulang yang terbuat dari polikarbonat mengandung BPA sebaiknya dihindari karena sejumlah penelitian menyebutkan itu berbahaya untuk anak-anak.

"Perhatikan betul terhadap penggunaan galon plastik yang mengandung BPA. Perlu diketahui sudah ada galon yang menggunakan polyethylene terephthalate (PET). Ini relatif lebih aman untuk dikonsumsi dan aman bagi kesehatan,” kata Arist kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Galon Sekali Pakai Dinilai bisa Jadi Masalah Sampah Plastik Baru

Ia mengatakan, persoalan plastik sudah menjadi konsentrasi Komnas Perlindungan Anak sejak tiga tahun silam. Dampaknya memang bukan hanya kesehatan melainkan juga sampai menghambat pertumbuhan anak secara mental, dan intelektual.

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu agar berhati-hati dalam memilih produk atau produk makanan dan minuman dengan kemasan plastik. Pastikan sudah memakai yang aman bagi kesehatan keluarga terutama anak," imbuhnya.

Sebagai informasi, ada dua jenis kemasan galon isi ulang yang terbuat dari polikarbonat. Pertama ialah zat kimia sintetis biphenol-A atau BPA dan kemasan galon yang terbuat dari PET yang tidak mengandung BPA (BPA Free).

Baca juga: Konsumsi AMDK Galon Meningkat Selama PSBB

Bahan pembuat plastik polikarbonat (Kode Nomor 7) adalah senyawa Bisphenol A yang lebih dikenal dengan sebutan BPA. BPA inilah salah satunya yang mengandung racun berbahaya bagi anak-anak.

Direktur Eksekutif Federasi Pengemasan Indonesia Hengkie Hendra Wibawa mengatakan, kemasan harus mengandung informasi tentang produk yang dikemas, juga kandungan bahan dasar kemasan tersebut. "Jika mengandung bahan berbahaya harus menyertakan kodenya juga," tukasnya. (RO/A-3) 

Baca Juga

MI.Haryanto Mega

Apindo Sebut Solidaritas antar Sesama Harus Dilakukan untuk Tangani Pandemi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 27 Juli 2021, 22:08 WIB
"Memang kita harus bangun solidaritas bersama menghadapi wabah pandemik covid-19 sehingga kita tidak hanya mengandalkan...
Antara/Arif Firmansyah

Program HBCC Dorong Perubahan Perilaku Disiplin 3M

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 27 Juli 2021, 22:05 WIB
Program yang bernama Hygiene and Behaviour Change Coalition (HBCC) ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah...
Dok NasDem

NasDem DIY Kerahkan Empat Ambulans Untuk Misi Kemanusiaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:28 WIB
Keberadaan mobil darurat ini akan memudahkan masyarakat yang butuh layanan gawat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya