Jumat 30 Oktober 2020, 02:56 WIB

Keteladanan Rasulullah Pandu Indonesia Maju

Try/Ant/Hld/Fer/MR/HS/X-6 | Humaniora
Keteladanan Rasulullah Pandu Indonesia Maju

Akun YouTube Sekretariat Presiden/Medcom.id
Presiden Joko Widodo dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual.

 

SUASANA semarak dan khidmat, kemarin, mewarnai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai wilayah Tanah Air. Ceramah dan tausiah terdengar di masjid-masjid dan musala di tengah kondisi covid-19 masih mewabah.

Dalam suasana kebatinan itu, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya akhlak, tuntunan, dan keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam memandu bangsa saat membangun Indonesia menuju kemajuan. Salah satu akhlak terbaik Nabi Muhammad yang harus diteladani ialah peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Barang siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya, maka Allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat,” kata Presiden dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan 1442 H/2020 M di Jakarta, tadi malam.

Kepedulian terhadap sesama sebagaimana dilakukan Nabi, tambah Presiden, harus menjadi semangat kita sebagai bangsa di masa pandemi seperti saat ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun meminta warga Ibu Kota merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Mari kita peringati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti semua protokol kesehatan. Demi melindungi kita dan saudara-saudara kita. Insya Allah kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mendekatkan diri pada sifat-sifat Rasulullah dalam menghadapi pandemi ini bersama,” kata Anies melalui video yang dirilis kemarin.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti juga mengajak umat Islam untuk mencontoh kehidupan Rasulullah SAW. “Rasulullah SAW adalah pribadi yang sangat kuat, sabar, dan teguh dalam mengemban misi risalah, menghadapi kesulitan serta menyelesaikan berbagai persoalan,” kata Mu’ti, kemarin.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan peringatan Maulid Nabi bukan hanya untuk mengenang kelahiran Rasullulah semata, melainkan juga sebagai pelecut semangat umat untuk mengikuti sifat dan akhlak beliau. “Akhlak yang baik dapat meredam sifat tamak yang sewaktu-waktu dapat bangkit, salah satunya keinginan memperkaya diri dengan melakukan korupsi.” (Try/Ant/Hld/Fer/MR/HS/X-6)

Baca Juga

ANTARA/Rivan Awal Lingga

Mendikbud Jelaskan Banyak Dampak Negatif Pembelajaran Jarak Jauh

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 01 Desember 2020, 03:35 WIB
Terdapat beberapa kecenderungan bahwa semakin lama pembelajaran tatap muka tidak terjadi semakin besar dampak yang terjadi pada...
MI/Sumaryanto Bronto

Mandy Marahimin Berawal dari Suka Berhitung

👤Fathurrozak 🕔Selasa 01 Desember 2020, 01:40 WIB
PRODUSER Amanda Marahimin, 44, atau lebih banyak dikenal dengan nama Mandy Marahimin besar di industri...
ANTARA/Dok PT Bio Farma

Bio Farma akan Bahas Fatwa Halal Vaksin Covid-19 dengan MUI

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 01 Desember 2020, 00:30 WIB
Sinovac telah berkomitmen untuk pengiriman bahan baku vaksin covid-19 secara bertahap sebanyak 50 juta dosis pada November 2020 hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya