Senin 07 September 2020, 20:56 WIB

Pemerintah Tegaskan Hanya Gunakan Vaksin Yang Teruji dan Aman

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Pemerintah Tegaskan Hanya Gunakan Vaksin Yang Teruji dan Aman

Antara/M. Agung Rajasa
kandidat vaksin Covid-19

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan tidak akan mempromosikan vaksin covid-19 sebelum benar-benar terbukti aman dan melalui uji klinis. Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito memastikan bahwa Indonesia hanya akan menggunakan vaksin yang telah teruji dan memiliki izin edar.

“Indonesia akan menggunakan vaksin yang telah selesai uji klinis tahap 3 dan memiliki efektivitas dan keamanan serta memiliki izin edar,” ujarnya kepada Media Indonesia, Senin (7/9).

Dihubungi dalam kesempatan berbeda, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro mengaku setuju dengan WHO, sebab hanya vaksin yang telah teruji yang boleh diberikan kepada masayarakat.

Baca juga : Siapkan Puluhan Triliun, Pemerintah Fokus Pengadaan Vaksin Korona

“Saya setuju karena vaksin baru bisa diketahui khasiat dan keamanannya setelah melewati semua tahapan uji klinis,” tuturnya.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia tengah mengembangkan vaksin Merah Putih yang dipimpin oleh LBM Eijkman. Proses pengembangannya pun telah mencapai 40 persen dan diperkirakan akan diuji klinis pada 2021 mendatang.

Di samping itu, PT Bio Farma bekerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac, juga sedang melakukan pengembangan vaksin. Vaksin covid-19 tersebut saat ini sudah memasuki tahap uji klinis fase III dan diperkirakan akan diproduksi awal 2021. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

Metode Karantina Daring untuk Peserta CPNS

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:04 WIB
Bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 2018 itu telah memiliki 4.000 lebih peserta dan meluluskan 1.340 peserta PNS selama tiga tahun...
Antara

Indonesia Alami 197 Bencana Selama 23 Hari di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:00 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1...
MI/Duta

Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 98 Juta Tahun

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:05 WIB
FOSIL dinosaurus berusia 98 juta tahun ditemukan di Argentina. Para ilmuwan percaya bahwa fosil raksasa itu mungkin milik dinosaurus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya