Selasa 05 Mei 2015, 00:00 WIB

Universitas Tarumanagara Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan

MI/Bay | Humaniora
Universitas Tarumanagara Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan

Dok
Untar

 

Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar kegiatan tahunan berupa Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis (SNKIB) yang kelima  di Gedung Auditorium kampus tersebut, di Jakarta, Selasa (5/5. Kegiatan tersebut diselenggarakan Fakultas Ekonomi berkerja sama dengan Program Mata Kuliah Umum (MKU) dan Magister Manajemen (MM) Universitas Tarumanagara yang mengangkat  tema “Inovasi untuk membangun kewirausahaan yang berkelanjutan.

Rektor Untar Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso  saat membuka seminar menegaskan  kewirausahaan menjadi tren di dunia usaha saat ini dan  peran kewirausahaan sangat besar dan menjadi bagian utama perekonomian di Indonesia. " Sebagai  perguruan tinggi  yang memiliki filosofi menghasilkan lulusan berjiwa integritas, profesional dan kewirausahaan, Untar telah  menghasilkan banyak wiraswastawan sehingga Untar telah turut membantu pemerintah dalam melaksanakan program kewirausahaan serta membuka peluang usaha dan mengurangi pengangguran,"papar Roesdiman dihadapan ratusan mahasiswa Untar dan undangan lainnya  yang antusias mengikuti acara tersebut. Wakil Rektor  Untar Bidang Akademik dan Kemahasiswaan  Eko Harry Susanto menambahkan di kampus Untar mata kuliah kewirausahaan merupakakan mata kuliah  wajib.

"Kita mendidik mahasiswa setelah lulus bisa berkarya mandiri tidak  bekerja dengan orang lain namun menjadi wirausahawan,"tegasnya. Melalui SNKIB,kata Eko,Untar sengaja mengundang para akademisi dan praktisi kewirausahaan guna memberi pembekalan pengetahuan dan wawasan mahasiswa Untar dalam berwirausaha. Dekan Fakultas Ekonomi Untar Dr. Sawidji Widoatmodjo menyatakan maksud dan tujuan utama dari penyelenggaraan seminar dan call for paper ini  untuk membekali peserta dengan perkembangan terkini dari praktek kewirausahaan serta memahami pentingnya sinergi antara perguruan tinggi dan perusahaan.

Dijelaskan penyelenggaraan SNKIB yang  memasuki tahun kelima mengangkat perspektif yang berbeda dalam kewirausahaan. Dalam berwirausaha, pengusaha tidak hanya memiliki tanggung jawab terhadap investor dan pemegang saham saja, melainkan juga terhadap alam, masyarakat, dan generasi masa depan yakni tiga P, People, Planet, Profit. "Disinilah  diperlukan suatu inovasi dalam kewirausahaan yang dapat menggabungkan antara keberlanjutan lingkungan, sosial dan ekonomi sehingga dapat menghasilkan model bisnis baru yang lebih inovatif," tambah Roesdiman. Acara SNKIB diisi sejumlah narasumber antara lain,Henri Honoris dari Modern Internasional, Tbk., Harijono dari F&B Specialist dan Businessman, Hendy Setiono pemilik Kebab Baba Raffi) serta Prof Musa Hubeis dari IPB.

Baca Juga

MI/M Irfan

Ada Pelonggaran Usia Umrah bagi Jemaah Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 25 Januari 2021, 04:10 WIB
Pembukaan penerbangan umrah internasional telah mulai digelar pemerintah Saudi sejak 3 Januari...
ANTARA/Fauzan

Reaksi KIPI Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 masih dalam Kajian

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Januari 2021, 03:20 WIB
Tidak ada laporan para nakes yang disuntik pertama mengalami KIPI dengan gejala...
ANTARA/Maulana Surya

Reaksi Anafilaktik akibat Vaksinasi Jarang Terjadi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Januari 2021, 02:55 WIB
Sebagai tambahan informasi, anafilaktik merupakan syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya