Sabtu 01 Agustus 2020, 14:15 WIB

Jenazah Gus Im Adik Gus Dur akan Dimakamkan di Jombang

Astri Novaria | Humaniora
Jenazah Gus Im Adik Gus Dur akan Dimakamkan di Jombang

ANTARA/HO-Abdul Rozak
KH Hasyim Wahid (Gus Im) semasa hidup

 

JENAZAH KH Hasyim Wahid, adik bungsu KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dus, akan dimakamkan di makam keluarga di kompleks Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar KH Abdussalam Sohib mengatakan bahwa KH Hasyim Wahid, yang biasa disapa Gus Im, semasa hidup berpesan agar dimakamkan di dekat makam kakeknya, KH Bisri Syansuri, di kompleks Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar.

Baca juga: Ragunan Tambah Jumlah Pengunjung Jadi 2.000 Orang

"Kami sudah koordinasi dengan keluarga. Untuk jadwal juga sudah kami terima. Ini sesuai permintaan Beliau," kata KH Abdussalam Sohib atau Gus Salam di Jombang, Sabtu (1/8).

Jenazah Gus Im dibawa dari Rumah Sakit Mayapada di Jakarta Selatan menuju rumah duka di Ciganjur, Jakarta Selatan, pukul 09.30 WIB.

Setelah disemayamkan dan dishalatkan di Ciganjur, jenazah Gus Im rencananya diberangkatkan menuju Jombang pukul 12.30 WIB melalui jalur darat.

"Diperkirakan jenazah tiba di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang jam 21.00 WIB. Lalu jam 22.00 WIB pemakaman," kata Gus Salam.

KH Hasyim Wahid merupakan adik bungsu mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid dan KH Salahudin Wahid (Gus Sholah).

Gus Im adalah anak keenam dari KH Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholihah Munawaroh, yang juga orang tua dari Gus Dur, Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, KH Salahudin Wahid (Gus Sholah), dr Umar Wahid, Sp.P, dan Hj Lily Chadijah Wahid.

Gus Dur dan Gus Sholah telah meninggal dunia dan dimakamkan di permakaman keluarga di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. 

Gus Im, yang dikenal sebagai tokoh gerakan anak muda Nahdlatul Ulama, meninggal dunia pada Sabtu pukul 04.18 WIB menurut keponakannya, Irfan Wahid, di Twitter. (Ant/OL-6)

Baca Juga

ANTARA/HO/Dok BPBD Flores Timur

PBB Berharap Indonesia Dorong Negara Lain untuk Berinvestasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:05 WIB
Berbagai program dan aksi mengurangi risiko bencana di tingkat nasional, kawasan, dan dunia membutuhkan pembiayaan yang...
MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya