Jumat 17 Juli 2020, 09:55 WIB

BLI Dilebur dengan BRIN, Menteri LHK Siapkan Badan Baru

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
BLI Dilebur dengan BRIN, Menteri LHK Siapkan Badan Baru

Antara
Menteri LHK Siti Nurbaya.

 

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK sebagai institusi penaung para peneliti KLHK sedang dalam masa transisi untuk bergabung dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal itu sesuai Undang-Undang No 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek).

Di sisi lain, ia juga menyiapkan badan baru bernama Badan Standarisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSI LHK). Hal itu dilakukan untuk merespons paradigma baru  pengelolaan lingkungan dan kehutanan dengan rencana implementasi RUU Cipta Kerja/Omnibuslaw.

"Tidak benar bahwa AMDAL dihapuskan, tidak benar jika penerapan sanksi hukum diabaikan. Yang benar kita lakukan penyederhanaannya, stratifikasinya, pengendaliannya yang sederhana untuk praktek-praktek yang cepat dan tepat, tetapi kita juga akan memperkuat di law enforcement, di pengawasannya, dan itulah nanti peran BSI LHK, itu akan menjadi tugas berat lembaga baru ini dan kita sedang persiapkan," bebernya saat orasi pengukuhan tiga profesor riset baru KLHK di Jakarta, Kamis (16/7).

Menurutnya, saat ini KLHK sedang berproses untuk membentuk kelembagaan baru tersebut. Sehingga dengan adanya tambahan tiga profesor riset baru KLHK, akan lebih memudahkan KLHK dalam mengatasi tantangan-tantangan yang ada. Karya yang dihasilkan sangat relevan dengan tantangan KLHK dan akan menjadi referensi yang berharga bagi KLHK. (H-2)

Baca Juga

ANTARA

KRL Yogyakarta-Solo Mulai Uji Coba, Tarif Dipatok Rp8 ribu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 00:13 WIB
Sama dengan tarif kereta api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks) yang selama ini sudah melayani koridor...
Dok. Shafwah Global Utama

Shafwah Holidays Gandeng Santri Kembangkan Wisata Halal

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:53 WIB
program yang dinamakan Ustadpreneur itu mengajak santri di seluruh Indonesia untuk mengembangkan paket wisata halal melalui...
ANTARA/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Waspada Hujan Ekstrem Hingga Februari 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Masyarakat juga diimbau berhati-hati dengan tidak mendekati area kejadian guna menghindari risiko yang lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya