Selasa 14 Juli 2020, 06:20 WIB

Pulihkan Ekosistem dengan Program Desa Peduli Gambut

(Aiw/H-3) | Humaniora
Pulihkan Ekosistem dengan Program Desa Peduli Gambut

Antara/Syifa Yulinnas
lahan gambut

 

EKOSISTEM gambut di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Papua telah mengalami kerusakan akibat pengalihfungsian lahan dan kebakaran. Badan Restorasi Gambut (BRG) membuat program Desa Peduli Gambut guna mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Deputi III BRG Myrna A Safi tri mengungkapkan, khusus di wilayah Papua, luas target restorasi gambut mencapai 39.239 hektare yang tersebar di empat kabupaten. Hingga Juni 2020, terdapat 12 desa peduli gambut di Papua yang telah didampingi sejak tiga tahun yang lalu.

"Tujuan penting dari program Desa Peduli Gambut ini adalah untuk memfasilitasi desa-desa agar mereka bisa meningkatkan status desanya" kata Myrna dalam acara Festival Kebudayaan Desa-Desa Nusantara, kemarin.

Kegiatan utama dari program ini, antara lain penempatan fasilitator Desa Peduli Gambut, pemetaan sosial, ekonomi, dan spasial, pemberdayaan ekonomi, serta resolusi konfl ik dan pemantauan restorasi gambut. "Bicara tentang Papua adalah bagaimana cara memulihkan gambut dan juga melindungi upaya-upaya untuk menjadikan kebudayaan lokal sebagai basis dari pembangunan perdesaan," imbuhnya. (Aiw/H-3)

Baca Juga

Ist

Bangun Karakter Siswa SD melalui Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Juni 2023, 20:53 WIB
Mentari Group dan Asta Ilmu Publishing menghadirkan program pendidikan karakter berkelanjutan dengan Jambore Nasional Bersama Ibu...
HO

Untar Terima Tiga Penghargaan LLDikti Wilayah III

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 03 Juni 2023, 20:52 WIB
UNIVERSTAS Tarumanagara (Untar) menerima penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti...
Ist

Unas Gandeng AIHII Berikan Pencerahan Ilmu Hubungan Internasional

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 03 Juni 2023, 20:42 WIB
Sebagai organisasi, AIHII akan memperkuat keilmuannya dan mengembangkan atau bersinergi dengan kampus yang manfaatnya tidak hanya untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya