Jumat 10 Juli 2020, 14:13 WIB

Ajari Anak Menyikapi Media Sosial

Ihfa Firdausya | Humaniora
Ajari Anak Menyikapi Media Sosial

MI/RAMDANI
Anak-anak bermain gadget yang terkoneksi internetdi pemukiman gang sempit kawasan Kwitang, Jakarta Pusat

 

PEMBELAJARAN jarak jauh selama masa pandemi covid-19 menjadikan intensitas anak mengakses gawai mengalami peningkatan. Untuk itu, orangtua harus mendampingi dan mengawasi anak mengakses informasi di internet, termasuk mengajari anak menjaga keamanan diri di media sosial.

Ketua Dewan Pers 2016-2019, Yosep Adi Prasetyo, mengatakan orangtua dan anak harus bekerja sama menemukan kesejukan di tengah tsunami informasi di Indonesia saat ini. "Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet dan media sosial tertinggi.Perlu dibangun kesadaran memilah informasi, di sinilah peran orangtua," jelas Yosep dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Yosep mengatakan orangtua perlu mengajari anak menggunakan gawai dan media sosial untuk hal yang bermanfaat dan yang tidak kalah penting ialah menjaga privasi di media sosial.

Hal senada juga disampaikan anggota OASE Kabinet Indonesia Maju, Gista P Wishnutama. Dia menuturkan kejahatan di internet, seperti cyberbullying, bisa terjadi kepada siapa saja tanpa mengenal umur atau profesi sehingga pendampingan orangtua mutlak diperlukan.

"Pahami jenis platform atau jenis aplikasi yang akan diakses, berpikir sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, dan batasi penggunaan agar tidak kecanduan dan lupa waktu," jelas Gista.

Menurut Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin, pesatnya perkembangan informasi dan teknologi bagaikan pisau bermata dua, memudahan akses informasi, tapi juga menimbulkan dampak negatif, seperti hoaks, pornografi, cyberbullying dan kejahatan seksual daring. "Orangtua bertanggung jawab membangun ketahanan diri pada anak agar mereka mampu memilah informasi yang layak bagi anak," jelas Lenny.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Konten Kreator, Yosi Mokalu, menambahkan bahwa sebaiknya orangtua melakukan pendekatan dengan lingkungan atau 'dunia' media sosial anak. 

"Inilah yang menjadi kunci utama agar anak dapat mengakses informasi layak dengan tetap di bawah pengawasan dan pendampingan orangtua," jelas Yosi. (Ifa/H-3)

Baca Juga

Dok. Istimewa

Berisiko Terkena Varises, Lakukan USG Skrining

👤MI 🕔Rabu 02 Desember 2020, 01:05 WIB
VARISES terjadi karena pembuluh darah membengkak atau melebar akibat penumpukan darah di pembuluh...
Dok. Istimewa

Seks Bebas Penyebab Terbanyak Penularan HIV/AIDS

👤MI 🕔Rabu 02 Desember 2020, 00:45 WIB
SEBAGIAN besar pasien HIV/AIDS tidak menyangka dan sebagian kecil dari mereka sudah menebak kemungkinan menderita penyakit menular...
DOK MI

WZF Miliki Peran Penting Pulihkan Ekonomi Pascapandemi Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 00:29 WIB
Ekonomi Islam dapat menjadi lokomotif dalam membantu pemulihan ekonomi global. Ia menaruh harapan pada WZF yang kini menjadi wadah bagi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya