Senin 22 Februari 2016, 15:02 WIB

Slank Gebrak Ternate, Java Jazz Sihir Jakarta

MI/Eko Rahmawanto | Humaniora
Slank Gebrak Ternate, Java Jazz Sihir Jakarta

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

 

Pilih Jakarta? Atau Ternate? Mau jazz? Atau nge-rock? Gerhana Matahari Total (GMT), juga diramaikan dengan musik, untuk nonton bareng-bareng sambil menikmati universalitas seni musik. Musik memang diprediksikan akan memantik wisatawan bergerak ke Indonesia. "Silakan mau pilih mana? Sesuai selera? Yang penting jangan tidak memilih?" kelakar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Jakarta. Slank yang dikomandoi oleh Bim-bim itu akan menyihir Ternate bersamaan dengan perisitiwa GMT yang akan terjadi, 9 Maret mendatang. Group yang punya vokalis bernama Kaka itu akan menggelar konser bertajuk Total Solar Eclipse Concert jauh di Ibu kota Maluku Utara Itu. Di provinsi yang memiliki keindahan bawah laut itu, akan digelar konser musik yang menampilkan band papan atas Indonesia tersebut. Konser tersebut dipusatkan di Ternate. "Yang pasti GMT di Maluku Utara akan heboh. Kami akan menggelar konser Slank di Ternate. Kepastian konser Slank ini sudah melalui konfirmasi dengan pemerintah provinsi,” kata Kepala Disbudpar Pemprov Malut Anwar Husen.

Selain konser, lanjut dia, ada sejumlah kegiatan yang bernilai kearifan lokal. Acara tersebut antara lain pemukulan dolo-dolo (alat tradisional khas Ternate yang terbuat dari batang bambu kering dan biasanya digunakan sebagai alat komunikasi di kebun). Selain itu, ada juga promosi aset wisata sejarah dan wisata alam. “Nanti juga akan ada upacara adat penobatan putri raja Thailand di Ternate. GMT ini benar-benar menyedot perhatian banyak orang, kami senang Slank menjadi bagian dari GMT ini," paparnya.
Sementara di Jakarta, perhelatan musik skala international juga akan digelar. Yes, Java Jazz International 2016 akan dilaksanakan pada awal Maret. Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) adalah festival musik jazz terbesar yang setiap tahunnya diselenggarakan setiap awal bulan Maret di Jakarta, Indonesia, oleh Java Festival Production sejak tahun 2005. Untuk tahun 2016 ini, JIJJF akan dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Indonesia.

Selain menghadirkan musisi jazz mancanegara maupun dalam negeri, festival ini juga disertai musisi dari genre musik lainnya seperti R&B, soul, reggae. Beberapa musisi terkemuka yang hadir pada ajang tahun 2006 adalah James Brown, Earth, Wind & Fire, Eric Benet, Bubi Chen, dan Angie Stone. Sementara pada tahun 2007, Sergio Mendes, Chaka Khan, Lisa Ono dan Jamie Cullum adalah para musisi yang dijadwalkan tampil. Menurut situs resmi festival ini, lebih dari 67.000 pengunjung menghadiri festival selama tiga hari pada tahun 2006. Banyak penampilan spesial yang disajikan dalam festival jazz ini, seperti Santana, Jammie Cullum, Dave Koz, dll. Tak hanya penampilan spesial saja tapi ada penampilan seperti Lee Ritenour, Barry Likumahuwa Project, Sheila Majid, Chieli Minucci dan Special EFX, Steve lukather, Robben Ford, Bob James, dan musisi jazz dari Indonesia.(P-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

89.715 Jemaah Sudah Melunasi Bipih dan Siap Berangkat ke Tanah Suci

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 11:04 WIB
“Sampai ditutup kemarin sore, total 89.715 jemaah telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Artinya, sudah 97,26% dari...
Dok Kemenag

Gus Yaqut Bertemu Menteri Haji Arab Saudi Bahas Persiapan Haji

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:46 WIB
Yaqut menyampaikan kehadirannya di Jeddah atas arahan dari Presiden Joko Widodo. Tujuannya, untuk memastikan kesiapan dan kualitas layanan...
AFP

Kapan Orang Sehat Perlu Buang Air Kecil?

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:45 WIB
DORONGAN untuk buang air kecil dimulai saat kandung kemih terisi sekitar 0,8-1,5 cangkir (200 hingga 350...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya