Senin 14 Oktober 2019, 14:08 WIB

Menristekdikti Targetkan IPB dan Unair Masuk PT Kelas Dunia

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Menristekdikti Targetkan IPB dan Unair Masuk PT Kelas Dunia

MI/Depi Gunawan
Menristekdikti Mohamad Nasir targetkan dua PTN lagi yakni IPB dan Universitas Airlangga masuk dalam universitas kelas dunia.

 

MENTERI Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan beberapa target yang belum tercapai yakni mendorong empat perguruan tinggi Indonesia masuk ke kelas dunia.

"Target kami empat, tapi sampai sekarang masih belum tercapai, baru tiga (UI, ITB, UGM) yang satu (IPB) masih belum," ungkapnya di Jakarta, Senin (14/10).

Jika dilihat berdasarkan subjek, sebenarnya sudah ada lima kampus di Indonesia yang masuk kelas dunia. Ia mencontohkan program studi Pertanian dan Kehutanan IPB yang masuk urutan 70 dunia. Sedangkan program studi Kedokteran Unair sudah masuk urutan 102 dunia.

"Artinya apa, kita sudah bagus. Tapi problemnya kita kan institusi, nah ini yang kita belum. Oleh karena itu yang tiga (UI, ITB, UGM) sudah mantap. Yang dua (IPB dan Universitas Airlangga/Unair) kita dorong untuk bisa masuk kelas dunia," imbuh Nasir.

Pada pemaparan Menristekdikti dalam acara monitoring dan evaluasi triwulan III 2019, alokasi anggaran Kementerian pada Januari 2019 mencapai Rp41,264 triliun. Alokasi anggaran per 10 Oktober 2019 mencapai Rp45,671 triliun. Sedangkan realisasi anggaran Kemenristekdikti mencapai 65,51% dari dana yang dialokasikan pemerintah, yakni sebesar Rp29,918 triliun.

baca juga: Fosil Dinosaurus Thailand Ditemukan

Alokasi anggaran pada awal 2019,Kemenristekdikti Rp41,264 triliun dan alokasi per 1 Oktober setelah adanya beberapa tambahan menjadi Rp45,671 triliun. Kemenristekdikti termasuk lima besar mendapatkan alokasi anggaran pemerintah. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

Menag Doakan Ketum PBNU Segera Sembuh dari Covid-19

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 30 November 2020, 12:52 WIB
Sebagai penyintas covid-19, Menag berpesan kepada Said Agil untuk fokus pada kesehatan, perbanyak istirahat, serta disiplin dalam isolasi,...
DOK KLHK

Sepasang Harimau Sumatera Bersaudara Kembali ke Habitat Alaminya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 12:35 WIB
Saat proses pelepasliaran, Putra Singgulung terlebih dahulu melakukan lompatan pertama ke...
ANTARA/HO/Setpres-Lukas

Jokowi Minta Mendagri Ingatkan Kembali Kepala Daerah Soal Prokes

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 November 2020, 11:42 WIB
Kepala Negara menegaskan tugas kepala daerah adalah melindungi keselamatan warganya, terlebih dalam situasi pandemi covid-19 sekarang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya