Jumat 06 September 2019, 18:00 WIB

Ruang Kontemplasi Para Seniman di Buku Inside Studios

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Ruang Kontemplasi Para Seniman di Buku Inside Studios

Ist
Peluncuran Buku Inside Studios

 

BUKU visual dan fotografi bertajuk Inside Studios yang menampilkan studio puluhan seniman kontemporer di Indonesia resmi diluncurkan di ajang VIP Art Jakarta pekan lalu.

Buku yang digarap selama 5 tahun itu diprakarsai oleg Anxandra Corradini, Indra Leonardi, Hermawan Tanzil, dan Amalia Wrijono.

Indra Leonardi, penggagas sekaligus fotografer yang memotret studio 28 seniman kontemporer Indonesia itu mengatakan, buku tersebut menyoroti ciri-ciri khas komunikasi melalui gambar dan menegaskan kepribadian setiap seniman.

"Studio seorang seniman adalah ruang yang unik dan ekspresif, dan menyelidikinya adalah pengalaman yang menarik. Melalui buku ini, kami mendapat kesempatan untuk berbagi 28 pertemuan yang unik dan luar biasa," kata Indra dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Jimmy Page Terbitkan Buku Anthology

Bukan hanya menampilkan gambar studio para seniman, buku itu juga dilengkapi dengan tanya-jawab unik dan pribadi terhadap seniman pemilik studio yang jawabannya divisualkan lewat gambar, lukisan, kolase, atau kata-kata di Art Jakarta.

Jawaban para seniman tersebut pun dilelang oleh Philips untuk disumbangkan ke IVAA (Indonesia Visual Arts Archive).

Ke-28 seniman yang terlibat dalam penggarapan buku Inside Studios diantaranya; A.D.Pirous; Ade Darmawan; Aditya Novali; Agung Kurniawan; Agus Suwage; Angki Purbandono; Arin Sunaryo; Christine Ay Tjoe; Dolorosa Sinaga; Eddi Prabandono; Eko Nugroho; Entang Wiharso; F.X. Harsono; dan Hanafi.

Kemudian ada juga Handiwirman Saputra; Heri Dono; I Nyoman Masriadi; Indieguerillias; J. Ariadhitya Pramuhendra; Jumaldi Alfi; Sunaryo; Mangu Putra; Melati Suryodarmo; Mella Jaarsma; Kertas Bulan; Tromarama; Ugo Untoro; dan Uji Handoko Eko Saputro.

"Pembuatan buku ini juga dimungkinkan berkat semangat dan kedermawanan Northstar dukungan dari Djarum Foundation serta dukungan dari beberapa kolektor seni. Selain itu, kami akan turut serta di Ubud Writers Festival 2019 untuk berbicara mengenai buku ini," ujar Indra. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/FB Anggoro

20 ribu Produk Didaftarkan Sertifikasi Halal

👤Indrastuti 🕔Minggu 29 November 2020, 08:00 WIB
Tercatat sedikitnya ada 10.517 pelaku usaha yang telah mengajukan permohonan sertifikasi...
Ist

Enesis Group Luncurkan Kampanye Enesis Safe Travel

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 07:30 WIB
Kampanye “#EnesisSafeTravel” ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat kembali melakukan perjalanan menggunakan...
MI/Ardi Teristi Hardi

Pendidikan Seni Budaya Ciptakan Jiwa Halus

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 29 November 2020, 06:00 WIB
Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Prof Al Makin menyampaikan seni-budaya merupakan salah satu unsur utama yang harus dikembangkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya