Kamis 05 September 2019, 14:00 WIB

Tidak Daftar BPJSTK, Pengusaha Berisiko Merugi

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Tidak Daftar BPJSTK, Pengusaha Berisiko Merugi

ANTARA/Mohamad Hamzah
Sejumlah pekerja mengenakan alat pengaman dan pelindung diri saat mengecat jembatan kuning di Kawasan Pantai Teluk Palu

 

PROGRAM jaminan sosial bagi setiap pekerja yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) disebut memiliki manfaat bagi para pengusaha.

Direktur Kepesertaan BPJSTK E Ilyas Lubis menyarankan para pengusaha untuk segera mendaftarkan pekerja mereka agar tidak merugi jika terjadi musibah atau kecelakaan kerja.

"Ketika terjadi musibah atau kecelakaan kerja, pekerja bisa menuntut hak mereka untuk berobat sampai sembuh. Kalau tidak ikut BPJSTK, pengusaha membayar seluruh biaya itu sendiri," tutur Ilyas, di Kantor Cabang BPJSTK Kalimantan Barat, Pontianak, Rabu (4/9).

Ia menyebutkan, bila para pengusaha mendaftarkan pekerja pada BPJSTK nantinya, hanya dengan membayar iuran dapat terjamin seluruh jaminan ketenagakerjaannya.

"Tapi kalau pekerjanya didaftarkan di BPJSTK, dengan iuran yang tidak seberapa, bisa berobat sampai sembuh, bahkan hingga perawatan homecare jika dibutuhkan ketika keluar dari rumah sakit," ucapnya.

Baca juga: BPJS TK Tambah Penerima Beasiswa Anak Peserta Program Jaminan

Ia juga mengatakan manfaat yang sama juga bisa dimiliki pengusaha kecil hingga pekerja di sektor informal seperti nelayan dan petani.

Mereka bisa mendaftar sebagai peserta mandiri dan membayar sendiri iuran BPJSTK sesuai dengan yang ditetapkan undang-undang sistem jaminan sosial.

"Karena dengan keiikutsertaan ini, mau anda Direktur Utama perusahaan mana pun, atau pekerja di sektor informal itu sama kalau terjadi celaka kerja akan ditanggung sampai sembuh serta diberi perawatan pengobatan yang sama, ga ada beda," jelasnya.

Ia pun berharap, para pengusaha dapat segera mendaftarkan para pekerja mereka pada program jaminan sosial ketenagakerjaan di BPJSTK.

"Kita juga masih berharap kepada seluruh pengusaha di mana pun, khususnya di Kalimantan Barat ini, segera mengikutsertakan pegawai mereka," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

Ist

Kembangkan Inovasi, Siloam Hospitals Group dan NCGM Jepang Jalin Kerja Sama

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:40 WIB
Kerja sama Siloam Hospitals dan NCGM menjadi jembatan bagi kedua belah pihak dalam mengembangkan potensi riset dan inovasi, termasuk...
MI/Susanto

93.505 Jemaah Haji Sudah Pulang ke Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:34 WIB
Hingga hari ke-72 operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M, total sebanyak 93.505 jemaah haji sudah pulang ke...
Antara

BMKG: Waspadai Curah Hujan Tinggi pada Tiga Hari Mendatang

👤Dinda Shabrina 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:09 WIB
Berdasarkan data pengawasan BMKG, terdapat probabilitas pertumbuhan bbit siklon atau siklon tropis di belahan Bumi bagian utara hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya