Sabtu 17 Agustus 2019, 19:15 WIB

Bluescope-Yayasan Nurani Dunia Bangun Kampung Ilmu di Purwakarta

mediaindonesia.com | Humaniora
Bluescope-Yayasan Nurani Dunia Bangun Kampung Ilmu di Purwakarta

Dok. NS Bluescope
Kolaborasi Bluescope dan Yayasan Nurani Dunia dalam mengembangkan kampung ilmu di Karawang

 

BANYAKNYA persoalan pendidikan di wilayah terpencil di Purwakarta, Jawa Barat mendapat perhatian sejumlah pihak. Diantaranya, Yayasan Nurani Dunia yang memiliki gagasan untuk membangun kembali gedung-gedung sekolah dan merekrut tenaga pengajar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam proses pelaksanaan, hal ini tak terlepas dari kontribusi NS BlueScope, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri baja lapis.

Sebab program yang digagas oleh Imam Prasodjo itu sejalan dengan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BlueScope yang mengarus-utamakan pendidikan dan bangunan publik secara jangka panjang.

“Setelah mendengar rancangan program inovatif dari pak Imam, kita tergerak untuk terlibat di dalamnya. Karena program ini sejalan dengan program CSR korporat yang mengarus-utamakan pendidikan dan bangunan publik secara jangka panjang.” kata Yan Xu, Presiden Direktur NS BlueScope Indonesia melalui keterangan tertulis.

Tak hanya membangun gedung sekolah, beragam infrastruktur desa juga dibangun dan melibatkan warga di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru.

Baca juga : Cadbury Rayakan Kemerdekaan dengan Berbagi

“Gotong-royong tak hanya membangun gedung-gedung sekolah, tetapi juga membangun beragam infrastruktur desa, seperti jalan, instalasi air, fasilitas lapangan olah-raga dan lain-lain. Seluruh warga berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi bersama, " ungkap Imam Prasodjo, Ketua Pengurus Yayasan Nurani Dunia di kesempatan yang sama..

Berdiri di atas tanah seluas 50.407 meter persegi, integrasi pendidikan formal dan informal intensif dilakukan di Tegalwaru Purwakarta. Nama ‘Kampung Ilmu’ disematkan sebagai istilah dari komplek pendidikan modern.

Pembangunan sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) Tegalwaru dirancang dan terintegrasi dengan pusat-pusat pembelajaran komunitas informal di sekitar. Dengan harapan tumbuhnya wirausaha desa berjiwa mandiri, yang mampu melakukan inovasi diberbagai bidang.

Sejumlah fasilitas yang tengah dibangun diantaranya, empat kelas belajar mengajar, satu ruangan guru, ruang laboratorium, ruang workshop, lapangan olahraga, dua asrama guru, aula serbaguna, perpusatakaan, masjid, saluran air dan lainnya.

“Desain master plan dan arsitektur bangunan ini dirancang tahan gempa oleh para relawan insinyur  sipil muda dan tim arsitek Andramatin. Sebagai kesatuan dari rancangan desain, penutup atap (roofing) yang cocok, unik dan berkualitas, saya langsung terpikir produk BlueScope. Apalagi, saya pernah bekerjasama dengan BlueScope melalui program CSR-nya saat dulu membangun sekolah yang runtuh akibat gempa 2006 di Klaten. Alhamdulillah, saat saya hubungi BlueScope, ada respon begitu cepat” ujar Imam Prasodjo.

“Berdasarkan keselarasan ini, BlueScope berkomitmen memberikan bantuan berupa material penutup atap dan penutup lantai metal untuk 2 gedung SMKN serta penutup lantai metal untuk embung air pada gedung serbaguna” tutup Yan Xu. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Petani Dukung Rencana Pemerintah Audit Seluruh Perusahaan Sawit

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:38 WIB
Menurut serikat petani, audit sangat diperlukan untuk membenahi industri sawit. Pemerintah pun diminta serius dan menjangkau seluruh...
Ist

Semarak Surabaya 729 Tahun, The Alana Surabaya Ajak Tamu Cicipi Kuliner

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:32 WIB
Selain untuk memeriahkan ulang tahun Kota Surabaya, program ini diadakan untuk memfasilitasi para tamu The Alana Surabaya yang datang...
DOK/HUMAS UPI

UPI Bandung Loloskan 20 Mahasiswa pada Program IISMA ke 11 Negara

👤Naviandri 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:20 WIB
Ke 20 mahasiswa UPI tersebut akan mengikuti perkuliahan di 19 universitas di 11 negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya