Selasa 14 Mei 2019, 16:45 WIB

KLHK Dorong Ramadan dan Mudik Minim Sampah

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
KLHK Dorong Ramadan dan Mudik Minim Sampah

Bagus Suryo
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali mendorong momentum Ramadan tahun ini sebagai ajang sosialisasi pengelolaan sampah. Selama Ramadan, bakal digelar sejumlah rangkaian edukasi kepada masyarakat untuk mengelola dan mengurangi sampah.

"Rangkaian Ramadan bersih sampah ini kita melakukan berbagai macam kegiatan melibatkan stakeholders. Kita juga akan menyasar pasar-pasar, menyampaikan pesan untuk kurangi kantong belanja plastik, menggunakan botol minum guna ulang dan lainnya," kata Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati, Selasa (14/5).

Menjelang masa mudik nanti, imbuh Rosa, pihaknya juga kembali menggelar program sosialisasi ke rest area jalan tol di sejumlah wilayah. Hal itu guna mengajak masyarakat dan pengelola tol mengatur sampah.

"Kami ingin mengajak pengunjung di rest area untuk bisa mengurangi dan mengelola sampah," ucapnya.\

Baca juga: KLHK Kampanyekan Bersih Sampah untuk Anak Melalui Film Animasi

Ia menambahkan tahun ini upaya sosialisasi kepada pemudik akan lebih masif. Pasalnya, pembangunan jalan tol tahun ini semakin banyak. Pihaknya masih akan membahas kegiatan dengan Jasa Marga.

"Sekarang rest area itu sudah lebih banyak karena tol jauh lebih panjang. Kita akan bahas dengan Jasa Marga bagaimana mengajak mereka sama-sama untuk melakukan pengelolaan sampah yang baik dan mengedukasi pengunjung," jelasnya.

Ia menekankan pengurangan dan penanganan sampah menjadi target dalam Ramadan besih tahun ini. Meski begitu, masih dibahas mengenai target pengurangannya dari kegiatan tahun ini.

"Yang perlu diperhatikan bagaimana pengelolaan sampahnya setelah kita melakukan ibadah, setelah kita berbuka buka puasa. Ramadan ini momentum untuk kita melakukan ibadah sekaligus melakukan pengelolaan sampah dengan baik," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Nadiem Makarim Terinspirasi Model Pendidikan ala Pendiri Nahdlatul Ulama

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:03 WIB
Menurutnya, model pendidikan KH Hasyim Asy'ari yang memanusiakan manusia terbukti berhasil mencetak generasi penerus yang berkarakter,...
Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya