Kamis 04 April 2019, 19:05 WIB

Jumlah Kasus Malaria Menurun di Maluku Utara

Indriyani Astuti | Humaniora
Jumlah Kasus Malaria Menurun di Maluku Utara

Ist
Nyamuk Malaria

 

KASUS malaria mengalami penurunan selama lima tahun terakhir di Provinsi Maluku Utara. Pada tahun 2014 hingga 2019 kasus malaria di sana turun secara signifikan dari 4.451 menjadi 557 kasus. Meski demikian, ada dua kabupaten yang masih di atas rata-rata yaitu Halmahera Timur dan Kab. Taliabo.

Asisten II Setda Prov. Maluku Utara, Anwar Husein, mengatakan Provinsi Maluku Utara masih masuk ke dalam zona merah malaria, dengan angka kasus lebih dari 5/1.000 penduduk di kawasan timur indonesia bersama Papua, Papua Barat dan NTT. Angka tersebut masih jauh dari standar SDG’s yang ditetapkan, yaitu mengendalikan malaria menjadi kurang dari 1/1.000 penduduk.

Baca juga: Mensos Kukuhkan Seribu Sahabat ODHA

Oleh karena itu, dibutuhkan intervensi pemerintah yang melibatkan seluruh pihak terkait termasuk masyarakat sebagai kader, agar angka malaria berhasil ditekan. Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek Prov. Maluku Utara mengatakan menurunkan prevalensi kasus malaria tidak mudah, sebab dari segi geografis Maluku Utara terdiri dari gugusan pulau yang tidak mudah dijangkau sehingga sulit untuk mengeliminasi malaria, tetapi hal itu bisa dilakukan.

Menkes mengatakan, adanya kesadaran dari masyarakat dapat membantu percepatan penurunan kasus malaria. Inovasi, imbuhnya, perlu dilakukan oleh masyarakat, yaitu dengan menanam tanaman anti nyamuk, untuk mengurangi ancaman malaria.

“Sebetulnya kan ini cukup sederhana dan mudah. Manusia itu suka bunga. Sedangkan nyamuk tidak suka bunga dan manusia tidak suka nyamuk. Artinya, kita tanam saja bunga yang banyak untuk mengusir nyamuk yang nakal,” ujar Menkes melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Kamis (4/4).

Menurutnya, Prov. Maluku Utara sudah dinilai siap untuk eliminasi malaria, hasil pencapaian yang diraih ini merupakan bentuk dukungan lapisan masyarakat melalui kader dan pemerintah yang bersinergi untuk menyukseskan program kesehatan. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/ Asprilla Dwi Adha

Kampanye The Rising Tide Kumpulkan 68 Ton Sampah dari Rumah Tangga

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:05 WIB
The Rising Tide sesuai semangatnya diharapkan dapat memberikan arah pemikiran baru di masyarakat untuk mempunyai gaya hidup yang minim...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

HUT RI ke-77, Menpora Harap Bangsa Indonesia Makin Optimistis Hadapi Tantangan

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:41 WIB
Menurut Menpora, 77 tahun kemerdekaan Indonesia, maka harapan Indonesia ke depan terbentang luas, walaupun sekarang ini tantangannya tidak...
ANTARA FOTO/Sigid K

Pasukan Berkebaya Iringi Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:41 WIB
Mereka mengapit Tim Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila yang bertugas membawa duplikat Bendera Negara Sang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya