Kamis 19 Juli 2018, 07:45 WIB

Panel Surya buatan Mahasiswa UI Mampu Hemat Listrik Rp17 Juta per Hari

Puput Mutiara | Humaniora
Panel Surya buatan Mahasiswa UI Mampu Hemat Listrik Rp17 Juta per Hari

Ilustrasi--ANTARA/M Agung Rajasa

 

DUA mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Clarissa Merry, mahasiswa jurusan Teknik Kimia FTUI, dan Rivaldo Gurky, mahasiswa jurusan Teknik Mesin FTUI, berhasil menciptakan sebuah sistem panel surya yang mampu menghasilkan listrik 31,6 MwH.

Dengan konsep Shape Memory Alloy for Reliable Trackers (SMART), sistem panel surya tersebut mampu menghidupkan sebanyak 2.300 rumah tangga. Itu berarti sama dengan menghemat biaya listrik sebesar Rp17 juta per hari.

Menurut Clarissa, proyek itu tercipta karena terinspirasi dari panel tenaga surya bergerak yang sudah ada sebelumnya. Hanya, mereka melihat panel tersebut masih membutuhkan bantuan energi listrik untuk menggerakannya.

"Untuk itu, proyek SMART ini diciptakan untuk meniadakan bantuan energi listrik sehingga akan semakin hemat energi," ungkapnya.

Rivaldo pun menjelaskan konsep yang diusung pada awalnya ditujukan untuk menjawab permasalahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pasalnya, Kupang merupakan kota dengan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Indonesia hanya sayangnya tingkat efisiensi panel surya di sana hanya sebesar 30% sampai 40%.

"Kami berharap dengan menerapkan konsep SMART dapat meningkatkan efisiensi listrik di Kupang hingga 60%. Selain itu, mendukung target pemerintah guna pemerataan listrik sebanyak 99,9% pada 2019," paparnya.

Lebih lanjut, inovasi dua anak muda itu juga diharapkan mampu menjawab permasalahan akan kebutuhan sumber energi. Pun, sekaligus mendukung program pemerintah dalam rangka pemerataan akses listrik hingga pelosok desa di Tanah Air dengan basis sumber energi alternatif yang ekonomis. (OL-2)

Baca Juga

DOK KEMENSOS

Usai Dampingi Presiden, Mensos Saksikan Pencairan Bansos PKH dan BPNT 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:16 WIB
Mensos juga berpesan agar bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Tidak boleh untuk membeli rokok atau minuman keras," kata...
FOTO/Istana Kepresidenan

Presiden: Aktivitas Pertambangan Merusak Lingkungan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 08 Desember 2021, 15:08 WIB
Jokowi mengungkapkan aktivitas pertambangan menjadi salah satu pemicu utama kerusakan lingkungan di Kabupaten Sintang, Kalimantan...
Ist/Kemenkominfo

BAKTI Kominfo Targetkan Pemerataan Infrastruktur Telekomunikasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 14:56 WIB
Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mendukung akselerasi digital...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya