Selasa 31 Maret 2015, 00:00 WIB

BCA Tanam 18.000 Pohon Mangrove di 9 Kota

Was | Humaniora
BCA Tanam 18.000 Pohon Mangrove di 9 Kota

Warga menyiapkan pohon mangrove dalam bambu sebelum ditanam--ANTARA/Saptono)

 
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan serangkaian kegiatan sosial berkaitan dengan ulang tahun perusahaan. Lewat Program Bakti BCA, BCA bekerja sama dengan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia serta pengelola Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo melaksanakan penanaman mangrove di  kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Penanaman bibit Mangrove ini dilakukan oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, CEO WWF-Indonesia Efransjah, direksi perusahaan anak BCA, Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati, serta sejumlah karyawan BCA serta perusahaan anak BCA (BCA Insurance, BCA Syariah, BCA Sekuritas, BCA Life, dan CS Finance).
 

"Di usia yang ke-58, BCA memaknainya dengan kesempatan untuk berbagi kepada sesama. Kami menyadari perkembangan BCA hingga saat ini pun harus diikuti dengan perkembangan masyarakat di sekitar kami. Oleh karena itu, dalam suka cita ulang tahun yang ke-58 kami melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosial," ujar Jahja. "Lingkungan hidup dipilih menjadi fokus kegiatan ulang tahun dan CSR BCA pada tahun ini karena Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak-cucu. Penting bagi kita untuk bertanggung jawab dan bersama-sama merawat lingkungan. Oleh karena itu, hari ini BCA bersama WWF-Indonesia menanam total 18.000 bibit pohon Mangrove di sembilan kota yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan."

Sebanyak 18.000 bibit pohon Mangrove akan ditanam serentak di 9 lokasi kawasan mangrove, di antaranya Lamujung (Aceh Besar), Tanggamus (Lampung), Muara Gembong (Jawa Barat), Blanakan Subang (Jawa Barat), Muara Kali Opak (Jogjakarta), Teluk Lamong (Surabaya), Wringin Putih (Banyuwangi), Sumberkima (Bali), dan Bengkayang (Kalimantan Barat).

Menurut data The World Atlas of Mangroves tahun 2010, Indonesia memiliki wilayah kawasan Mangrove seluas 3 juta hektare atau 20 persen dari total luas kawasan Mangrove dunia yang mencapai sekitar 15 juta hektare.

Rehabilitasi lahan kritis pesisir dengan penanaman Mangrove merupakan bagian dari program NEWtrees yang diinisiasi oleh WWF-Indonesia. Program ini berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas di tingkat bentang alam. Program NEWtrees juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan. Program NEWtrees juga berkontribusi mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 melalui perbanyakan penanaman pohon dan reforestasi. (OL-3)

Baca Juga

Dok. LDII

Ketum LDII Ingatkan Penghinaan Terhadap Agama Apapun tak bisa dibenarkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:02 WIB
“Kita bisa bercanda mengenai apa saja di alam demokrasi ini, tapi persoalan agama bukan hal bisa dibuat bercanda. Pertama itu adalah...
Ist

BCA Beri Beasiswa Bagi 840 Mahasiswa Berprestasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:26 WIB
Tahun ajaran 2021/2022, tercatat dana yang dialokasikan untuk kegiatan Beasiswa Bakti BCA senilai Rp 5,65 milliar dan diserahkan kepada 18...
iStock

Tips Menghindari Kekerasan Berbasis Gender Online

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:20 WIB
Kejahatan bisa terjadi di mana saja, termasuk dunia digital. Sekarang ini pengguna media digital perlu mewaspadai kekerasan berbasis gender...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya