Minggu 18 Februari 2018, 22:50 WIB

KLHK Dukung Cukai Kantong Plastik

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
KLHK Dukung Cukai Kantong Plastik

Antara

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung rancangan aturan cukai plastik yang digodok Kementerian Keuangan.

Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Sudirman mengatakan, pihaknya sudah memberi bantuan teknis kepada Kemenkeu terkait dengan pentingnya penerapan cukai plastik. Aturan tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk menanggulangi sampah plastik.

"Kantong plastik selama ini yang digunakan setiap orang setelah berbelanja langsung menjadi sampah. Rata-rata tidak ada yang dimanfaatkan," ujar Sudirman di Jakarta, Minggu (18/2).

Cukai plastik rencananya bakal dikenakan berdasarkan jenis plastik, zat kadar aditif, dan ukurannya. Dengan aturan tersebut, industri diharapkan lebih mengembangkan kantong plastik yang mudah terurai.

Adapun kantong plastik yang mudah terurai ialah yang mendapatkan sertifikasi SNI ekolabel. Tahun lalu, KLHK sudah meluncurkan SNI 7188.7:2016 kriteria ekolabel untuk kategori produk tas belanja plastik dan bioplastik mudah terurai.

Jika kebijakan cukai plastik diberlakukan, lanjut Sudirman, tidak lagi diperlukan kebijakan kantong plastik berbayar, karena industri diarahkan untuk menggunakan plastik yang mudah terurai.

Berdasarkan UU No.39/2007 tentang Perubahan Atas UU No.11/1995 tentang Cukai, kriteria barang kena cukai ialah barang yang konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya berdampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup, atau pemakaiannya perlu dikenai pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan. (OL-4)

Baca Juga

Medcom

Perempuan Rentan Jadi Korban Pinjol Karena Ketidaksetaraan Literasi Finansial

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:20 WIB
KEMENTERIAN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan perhatian akan maraknya fenomena pinjaman online (pinjol)...
Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya