Kamis 01 Februari 2018, 10:18 WIB

Kampus Asing Bisa Pacu Mutu Pendidikan RI

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kampus Asing Bisa Pacu Mutu Pendidikan RI

Pengunjung mencari informasi tentang perguruan tinggi di Eropa saat acara Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF) 2017 di Jogja Expo Centre, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu---ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

 

RENCANA pemerintah memberi kesempatan perguruan tinggi ­asing hadir di Indonesia jangan menjadi momok bagi kalangan perguruan tinggi swasta. Sebaliknya harus dijadikan tantangan dan peluang guna memacu mutu pendidikan tinggi dalam negeri.

“Saat ini kita berada dalam era kompetisi global yang penuh persaingan. Maka kita jadikan pesaing itu untuk memacu agar kita bisa maju,” kata Rektor Podomoro University, Cosmas Batubara, di Jakarta, kemarin (Rabu, 31/1).

Menurutnya, langkah pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan ­Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) memberikan peluang perguruan tinggi asing untuk beroperasi di Indonesia telah melalui pertimbangan. Oleh karena itu, perguruan tinggi swasta (PTS) jangan takut untuk bersaing, bahkan harus djadikan sebagai upaya mendorong perbaikan kualitas pendidikan di Tanah Air sehingga kita mampu bersaing dengan negara lain.

Cosmas yang juga aktivis angkatan 1966 itu mengingatkan dunia pendidikan tinggi di Indonesia untuk tidak menutup pintu atau jangan seperti katak dalam tempurung. Di era globalisasi, imbuhnya, dunia yang kini dihadapi serba-terbuka dan tanpa batas.

“Jadi lebih baik bila kita berpikir positif, jangan terlalu khawatir. Sejatinya keberadaan perguruan tinggi asing itu dapat memacu mutu kita guna menuju universitas kelas dunia,” kata Menteri Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja di era ­Presiden Soeharto itu.

Ia menjelaskan Kampus Podomoro University telah melangkah menuju universitas kelas dunia. Di antarnya telah menjalin kerja sama dengan Babson Global Inc yang merupakan bagian dari Babson College, sekolah ­entrepreneuship kelas dunia di Amerika serikat.

“Jalan ke sana memang ­cukup panjang. Namun, bila kita berkomitmen, kreatif menuju kompetisi dunia dengan inovasi yang kita lakukan, kita tidak takut bersaing,” ujarnya.

Tetap diminati
Rektor Universitas Taruma­nagara (Untar) Agustinus Purna Irawan mengatakan masuknya perguruan tinggi asing dapat menjadi ancaman sekaligus tantangan dan peluang. Ancamannya kampus asing yang masuk membawa bendera berkualifikasi baik bisa menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa.

Peluangnya, PTS dalam negeri dapat mengetahui metode pembelajaran perguruan tinggi asing. PTS juga lebih tertantang untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Intinya, PTS tidak perlu takut dengan hadirnya perguruan tinggi asing. Jika kita punya kekhasan, pasti akan tetap diminati calon mahasiswa. Untar optimistis tetap dilirik masyarakat karena mahasiswa dari luar negeri juga tertarik kuliah di Untar,” kata Agustinus saat melepas 20 mahasiswa Untar untuk belajar di Kun Shan University Taiwan, kemarin.

Ia menambahkan, sampai saat ini ada sekitar 20 perguruan tinggi asing yang sudah menandatangani kerja sama dengan Untar. Bahkan, pada tahun ini pihaknya telah mendeklarasikan go international.

Untuk mendukung itu, Untar menambah mata kuliah bahasa Inggris guna meningkatkan kemampuan mahasiswa agar lebih pandai berbahasa internasional tersebut. (H-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

Bacaan Sujud Syukur Latin, Arab, dan Tata Caranya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:20 WIB
Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai upaya mensyukuri nikmat Allah karena telah memberikan nikmat atau terlepas dari bahaya...
MI/HO

Perdami Lantik Kepengurusan Periode 2022-2025

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 08:15 WIB
Kepengurusan Perdami kali ini merupakan hasil dari Kongres Nasional (Konas) Perdami XVI, yang telah berlangsung pada 29-30 Oktober 2022 di...
MI/Mesakh Ananta Dachi

Acer Selenggarakan Acer Education Summit, Hadirkan Pembicara Internasional

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 08:00 WIB
Acer Edu Summit 2023 merupakan implementasi nyata Acer untuk menjalin hubungan antara teknologi dan masyarakat di Indonesia dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya