Senin 01 Maret 2021, 18:00 WIB

Film ini Melawan Perundungan dengan Cara Pendekatan Keluarga

Retno Hemawati | Hiburan
Film ini Melawan Perundungan dengan Cara Pendekatan Keluarga

Dok Alim Studio
Film Persahabatan Bagai Kepompong.

 

Mengusung genre drama remaja, film berjudul  Persahabatan Bagai Kepompong hadir dengan konflik tentang persahabatan. Film yang dibintangi Bio One, Beby Tsabina, Yasamin Napper, Thalita Putri, dan Jihan Safira hadir di platform Disney+ Hotstar mulai 26 Februari 2021.

Nostalgia jadi kesan pertama ketika menonton film itu. Hal tersebut dikarenakan film ini diangkat dari sinetron Kepompong yang tayang tahun 2009. Dimulai dari soundtrack lagu Kepompong milik Sindentosca yang berpotensi menerbangkan ingatan penonton pada sinetron yang dibintangi Derby Romero, Mikha Tambayong, Dinda Kirana, Aryani Fitria, dan Tania Putri. Ditambah lagu Gelora Asmara milik Derby Romero yang disisipkan dalam film tersebut semakin membuat kesan nostalgia semakin terasa.

Kisahnya dimulai ketika Sarjono (Gunawan) mesti terbang ke Papua untuk urusan kerja. Ia menitipkan putranya, Ben (Bio One) kepada pasutri Bimo (Pascal Azhar) dan Indah (Lulu Tobing) yang memiliki dua anak. Salah satunya, Isabel (Yasmin Napper).

Di sekolah, Isabel membentuk geng Kepompong bersama sejumlah temannya. Sebagai anak baru, Ben yang dikenal anak mama tak mudah bergaul. Ia menjadi kaum jelata. Berkawan dengan Bimo (Fatih Unru), Ben jadi korban perundungan Bobby (Joshua Rundengan) dan gengnya.

Ben yang menutup diri mulai membuka hati kala didekati Paula (Beby Tsabina). Paula dan Isabel bersaing dalam kompetisi proposal perayaan kelulusan sekolah. Isabel meminta Ben mengintip ide Paula. Paula sendiri punya misi khusus mendekati Ben.

Kesan pertama usai menonton, film ini punya sejumlah kelebihan yang layak diapresiasi. Pertama, ketepatan memilih lagu tema. Ini terasa sejak sesi awal, saat Ben di kamar kesepian merindu ibunya. Lagu “Ibu” karya Ari Goliath yang mengawani Ben menajamkan suasana. Berikutnya, “Kepompong” versi syahdu yang dilantun Alena Wu melatari patah hatinya Ben di taman. Tak banyak lagu di film ini, namun mereka hadir di waktu yang tepat. Sopan menyapa, santun saat undur.

Alim Sudio sejak awal tahu apa yang mau ditutur yakni isu perundungan. Agar tak berubah menjadi “kampanye terselubung” dibangunlah pendekatan keluarga yang sempurna dan tak sempurna untuk melatari konfllik. Hasilnya, cerita yang dekat dan hangat tanpa melupakan akar Kepompong yang ringan dan riang. Tema perundungan boleh, terlalu pekat jangan. Mengingat gelap bukan jati diri Kepompong yang dikenal khalayak. (OL-12)

Baca Juga

Dok Ecovacs

Hyun Bin Jadi Duta Merek Ecovacs Robotics

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 14 April 2021, 05:45 WIB
Sangat populer di Korsel, Jepang, Tiongkok, dan negara-negara Asia Tenggara, nama Hyun Bin sudah dikenal di tiap rumah tangga berkat...
Dok Falcon Pictures dan Starvision

Film Buya Hamka Dibintangi Aktor dan Aktris Lintas Generasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:55 WIB
Film yang mengambil lokasi syuting di Mesir dan Indonesia ini, menampilkan sosok Vino Bastian yang sangat...
MI/Permana

Rian D'Masiv Ajak Masyarakat NTT untuk Bangkit Kembali

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 22:56 WIB
Rian menceritakan bahwa selama berada di Rote Ndao dirinya melihat sendiri kondisi rumah warga yang atapnya sudah diterbangkan angin serta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya