Minggu 14 Januari 2018, 00:01 WIB

Melewati Keterbatasan lewat Angkat Berat

Sumaryanto Bronto | Foto
Melewati Keterbatasan lewat Angkat Berat

MI/Sumaryanto Bronto

 

DI area belakang sebuah rumah di Siyono Kulon, Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, tampak orang-orang serius berlatih angkat berat dan angkat besi. Tidak sedikit dari mereka yang mengalami keterbatasan fisik, tetapi semangatnya tidak kalah dengan yang lain. Semangat dan kesetaraan itulah yang tampak ditularkan sang pelatih sekaligus penyandang disabilitas, Untung Subagyo.

Ia telah membuktikan diri sebagai atlet berprestasi dan kini menjadi pelatih bertangan dingin. Untung berhasil menorehkan nama sebagai juara tiga kejuaraan angkat berat Pekan Olahraga Penyandang Cacat Nasional (Porcanas) sekarang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) di Kalimantan Timur. Pada 2012, Untung meraih emas dan memecahkan rekor angkat berat nasional di Peparnas Riau.

Saat ini penyandang disabilitas yang berlatih di halaman belakang rumahnya mencapai puluhan. Mereka datang dari berbagai daerah, yakni 6 orang dari Gunungkidul, 1 orang dari Prambanan, 1 orang dari Yogyakarta, sementara itu, atlet nonpenyandang disabilitas mencapai 24 orang yang dipersiapkan untuk event Porda DIY yang berlangsung dua tahunan. Kesemua atlet itu diperbolehkan berlatih tanpa dipungut biaya. Semua itu dilakukan Untung demi menunaikan janjinya. “Sudah menjadi janji saya, kalau sukses di olahraga ini akan membagi ilmu,” tutur Untung yang kini menjabat Ketua National Paralympic Committee (NPC) Gunungkidul itu. (M-3)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya