Jumat 29 Juli 2016, 19:10 WIB

YLKI: UU Perlindungan Data Pribadi Lindungi Konsumen

Adhi M Daryono | Ekonomi
YLKI: UU Perlindungan Data Pribadi Lindungi Konsumen

MI/PANCA SYURKANI

 

KETUA Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi mengatakan rencana pemerintah dan DPR untuk meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi merupakan langkah yang tepat untuk melindungi data pribadi nasabah ataupun konsumen dari penyalahgunaan yang dilakukan korporasi.

"UU itu sangat penting dan urgen di tengah era digitalisasi ini. Di sisi lain, terbukti bahwa para pelaku usaha itu sering menyalahgunakan data pribadi nasabah atau konsumen tanpa seizin nasabah untuk kepentingan bisnis mereka," kata Tulus saat dihubungi di Jakarta, Jumat (29/7).

Menurut dia, nantinya setelah RUU itu berhasil menjadi UU, sudah sewajarnya korporasi yang menggunakan data pribadi nasabah atau konsumen mendapatkan sanksi.

"Kalau nanti sudah ada UU-nya, ada hukuman bagi pelaku usaha yang melanggar itu. Pidana atau apa pun, ya itu kan korporasi, jadi sanksinya korporasi," ujar Tulus.

Memang, lanjut dia, aturan terkait perlindungan data nasabah atau konsumen sudah ada di beberapa sektor saja seperti bidang relekomunikasi, perbankan, dan asuransi.

"Secara sektoral sudah ada, seperti di bidang telekomunikasi, yang menyebutkan operator telekomunikasi tidak boleh memanfaatkan nomor telepon pelanggan untuk menambah aplikasi yang justru merugikan pelanggan," tuturnya. (OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Cegah Tertular PMK, Sapi Asal Kupang Tidak Diturunkan di Tanjung Perak

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:09 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menetapkan beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Timur sebagai daerah wabah Penyakit Mulut dan Kuku...
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:01 WIB
Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan dan mencegah penyebaran Penyakit...
Ist/Kementan

Canangkan Pertanaman IP300 di Jeneponto Mentan Optimis Produksi Meningkat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 09:53 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menggelar tanam perdana padi sekaligus pencanangan perdana indeks pertanaman (IP) 300 atau penanaman 3 kali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya