Selasa 21 Februari 2023, 14:27 WIB

Belum Masuki Panen Raya, Gejolak Harga Beras Masih Akan Terjadi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Belum Masuki Panen Raya, Gejolak Harga Beras Masih Akan Terjadi

Antara
Seorang warga membawa pulang beras medium Bulog usai membeli di Pasar Murah Pangan di Liluwo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (21/2)

 

BADAN Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan bahwa saat ini Indonesia masih belum memasuki masa panen raya. Masa panen raya sendiri diprediksi akan berlangsung pada Maret-April 2023. Maka dari itu, gejolak harga pangan terutama beras masih akan terjadi.

Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa menjelaskan saat ini pedagang yang masih memiliki stok menghabiskan stok mereka.

"Harga beras cenderung naik karena stok lama di pedagang masih ada, sehingga pedagang habiskan stok mereka untuk dihabiskan," ungkapnya kepada Media Indonesia, Selasa (21/2).

Lebih lanjut, Ketut menambahkan, untuk menjaga stabilisasi harga, Bapanas sudah menugaskan Perum Bulog untuk melakukan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau operasi pasar beras medium sebagai penyeimbang dan alternatif bagi masyarakat untuk memperoleh beras dengan harga terjangkau.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengungkapkan, berdasarkan pantauan Bulog, harga beras khususnya kualitas medium mengalami penurunan, meskipun masih di atas harga eceran tertinggi (HET).

"Menurut pantaun kami harga sudah mulai turun namun masih di atas HET medium. Jadi kami terus lakukan operasi pasar (SPHP)," ujar Suyamto.

Sampai dengan 16 Februari 2023, Perum Bulog sendiri telah menyalurkan beras SPHP sekitar 320 ribu ton.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan, harga beras kualitas medium secara nasional saat ini berada di angka Rp11.800 per kg. Sementara itu, harga beras kualitas premium mencapai Rp13.600 per kg.

Dibandingkan minggu lalu, harga beras baik itu medium dan premium stagnan atau tidak mengalami penurunan dan kenaikan. (E-3)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Penghuni dan Pengunjung BSD Bertumbuh, Delrey Berkonsep Biztown Meluncur

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 13:18 WIB
Pertumbuhan jumlah penghuni serta pengunjung harian BSD City memicu animo positif di sektor properti komersial sehingga Sinar Mas Land...
ANTARA/MOHAMAD HAMZAH

KKP Kembangkan Budidaya Ikan Nila di Papua

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 24 Maret 2023, 13:13 WIB
Pengembangan budidaya ikan nila di Papua ini diharapkan mampu mendukung peningkatan produksi budidaya ikan nila nasional yang ditargetkan...
MI/Usman Iskandar

BI: Likuiditas Perekonomian Tumbuh Positif

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 24 Maret 2023, 11:12 WIB
Bank Indonesia mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) di Februari 2023 tumbuh positif yakni sebesar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya