Kamis 05 Januari 2023, 23:51 WIB

Pemerintah Siapkan Dukungan Kebijakan Untuk Industri TPT

M Ilham Ramadhan Aviena | Ekonomi
Pemerintah Siapkan Dukungan Kebijakan Untuk Industri TPT

MI/Susanto
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

 

PEMERINTAH sedang menyiapkan kebijakan dan program untuk mendukung industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dalam negeri. Itu dilakukan lantaran industri tersebut tengah mengalami tekanan akibat dampak perekonomian global.

"Tekstil, alas kaki, sektor-sektor yang kita lihat tertekan itu sudah kita lakukan rapat. Nanti akan ada kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat dijumpai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (5/1).

Salah satu kebijakan yang bakal dikeluarkan ialah pembatasan impor barang tekstil. Pembatasan itu nantinya akan menggunakan skema larangan terbatas guna mendukung penyerapan hasil produksi dalam negeri.

Dukungan kebijakan itu diberikan pemerintah lantaran sejak triwulan III 2022 industri TPT di Tanah Air terimbas perlemahan ekonomi global. Kondisi perekonomian di negara-negara yang menjadi tujuan ekspor industri TPT dalam negeri telah membatasi pesanan sehingga berdampak pada pemasukkan industri TPT di dalam negeri.

Dikhawatirkan penurunan pendapatan di industri TPT akan berujung pada pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Apalagi ketidakpastian ekonomi dunia masih membayangi, bahkan diprediksi bakal resesi tahun ini.

Pada triwulan III 2022, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat setidaknya terjadi penurunan penjualan ekspor hingga 30%. Asosiasi memprediksi di triwulan I tahun ini penurunan kian dalam seiring kondisi ekonomi global.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan, pemerintah juga bakal mencoba mengintegrasikan program-program lain yang dapat mendukung industri dalam negeri tetap berdaya tahan di tengah tantangan perekonomian dunia. Pemerintah, kata dia, akan terus mendorong penyerapan produk dalam negeri.

"Pendekatan kita adalah UP3DN (Urusan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri), itu kekuatan kita, di mana itu akan meyinergikan dengan belanja negara sebanyak-banyaknya untuk produk dalam negeri," tuturnya.

"Jadi sebetulnya banyak sekali cara atau instrumen yang dimiliki pemerintah untuk bisa membantu industri dalam negeri, termasuk juga untuk Industri Kecil Menengah (IKM)," pungkas Agus (OL-8)

Baca Juga

.

Sinarmas Sekuritas dan BEI ReGelar Galeri Investasi Edukasi di Bandung

👤RO/Micom 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:23 WIB
Hadirnya galeri investasi edukasi di kalangan Sekolah Menengah Atas ini adalah untuk mengenalkan instrumen investasi saham sejak dini...
Dok Airin

Inovasi Digital Warnai Ekosistem Logistik Laut Indonesia

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:05 WIB
JALUR laut Indonesia memegang peran penting dalam jalur perdagangan dunia dan...
Ist

Blu by BCA Digital Resmi Gandeng Mediawave sebagai Partner Digital Listening

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:00 WIB
Setelah melewati beberapa fase seleksi, BCA Digital yang merupakan anak perusahaan dari BCA Group, secara resmi menunjuk Mediawave...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya