Rabu 28 Desember 2022, 18:05 WIB

Jenis dan Alat Pemuas kebutuhan Manusia

Meilani Teniwut | Ekonomi
Jenis dan Alat Pemuas kebutuhan Manusia

Antara/Fakhri Hermansyah.
Warga mengambil air dari pipa pelayanan Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya di Marunda Kepu, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022).

 

SEPERTI yang diketahui, kebutuhan manusia tidak ada batasnya. Hal ini berarti setiap saat selalu bertambah berkembang seiring kemajuan peradaban manusia.

Dengan begitu, ada beragam jenis alat pemenuhan kebutuhan manusia. Lantas apa yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk disimak penjelasan berikut ini.

Pengertian alat pemuas kebutuhan 

Alat pemuas kebutuhan ialah semua barang atau jasa yang bisa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan ini, manusia membutuhkan pengorbanan ekonomis atau uang.

Jenis alat pemuas kebutuhan

Berikut jenis-jenis alat pemuas kebutuhan berdasarkan cara memperoleh dan proses pembuatannya.

1. Barang bebas.

Barang bebas merupakan salah satu alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya bisa dibilang tidak terbatas. Selain itu, kita tidak perlu mengeluarkan pengorbanan yang begitu banyak untuk memperolehnya. 

Setiap orang bebas untuk mendapatkan barang ini tanpa batasan tertentu. Misalnya, udara, sinar matahari, dan air laut. 

2. Barang ekonomis.

Barang ekonomis merupakan barang yang membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya. Pengorbanan untuk mendapatkan barang ekonomis dapat berupa uang, pengorbanan fisik, pengorbanan waktu, atau yang lain. 

Misalnya, untuk mendapatkan udang seseorang harus bekerja dengan pengorbanan fisik dan waktu. Nah, ketika orang itu ingin membeli barang keinginannya seperti baju, orang itu akan mengorbankan uang yang dimilikinya. 

3. Barang illith.

Barang illith merupakan barang yang ketika jumlah terbatas dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebaliknya, jika jumlah barang ini berlimpah justru bisa menyebabkan bencana bagi manusia. 

Misalnya saja api yang jumlahnya terbatas bisa digunakan untuk memasak, sumber penerangan, hingga penghangat ruangan. Namun, ketika api jumlahnya banyak justru bisa menjadi bencana bagi manusia karena dapat menimbulkan kebakaran. 

Contoh alat pemuas kebutuhan

Berikut beberapa contoh alat pemuas kebutuhan: 

1. Air dan udara.
 
Manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, dan masak. Manusia juga memerlukan udara untuk bernapas. 

Dua alat pemuas kebutuhan ini bisa diperoleh secara gratis. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan manusia untuk membelinya. 

Misal, saat terjadi kelangkaan air bersih, mau tak mau, manusia harus membeli air untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Sepatu dan tas. 

Kedua benda ini dibutuhkan manusia untuk beraktivitas sehari-hari. Misalnya sepatu digunakan untuk pergi sekolah, kuliah, dan bekerja. Begitu pula tas dan barang lain yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Sekolah dan les. 

Ini merupakan alat pemuas kebutuhan berupa jasa. Dalam rangka memenuhi kebutuhannya terhadap pendidikan, manusia perlu bersekolah. Jasa yang disediakan berbentuk ilmu pengetahuan yang bisa digunakan manusia di kemudian hari.

4. Alat transportasi. 

Agar bisa berpindah tempat, manusia membutuhkan alat transportasi, seperti pesawat, kapal, kereta api, mobil, dan motor. Beberapa jenis kendaraan tertentu, seperti mobil dan motor, bisa dibeli dan digunakan pribadi oleh pemiliknya. Alat transportasi lain, semisal pesawat, kapal, dan kereta api, manusia perlu membeli tiket untuk menggunakan jasanya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Basuki: 30 Proyek IKN Senilai Rp24 Triliun Sudah Teken Kontrak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:56 WIB
Beberapa konstruksi yang tengah dikerjakan antara lain Kantor Presiden dan Wakil Presiden, Kantor Kementerian, perumahan, jalan tol dan...
Ist

Dukung Pertumbuhan Fashion Lokal, MC Texstyle Gelar Promo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:19 WIB
Manav Chainani, selaku owner MC Texstyle mengatakan, promo tanggal kembar yang dilakukan setiap bulan ini bertujuan untuk mendukung...
Antara

Sri Mulyani: Pelaku Usaha Jangan Khawatirkan Tahun Politik

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:08 WIB
Menurutnya, Indonesia telah memiliki pengalaman yang matang dan mampu menjalankan pemilu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya