Senin 04 Juli 2016, 13:13 WIB

Penjualan Selama Ramadan dan Lebaran Sumbang 45% Target Aprindo

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Penjualan Selama Ramadan dan Lebaran Sumbang 45% Target Aprindo

Dok. MI

 

PENJUALAN ritel di masa Ramadan dan menjelang Lebaran tahun ini mengalami peningkatan dan jauh lebih baik dari tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, saat dihubungi Media Indonesia, Senin (4/7).

“Kendati saat ini belum mendapat laporan keseluruhan, tapi melihat animo masyarakat, sejak pekan lalu, setelah masyarakat menerima tunjangan hari raya (THR), penjualan sudah naik signifikan,” ucap Roy.

Ia menyebutkan peningkatan pesat mulai terjadi pada masa 10 hari menjelang hari raya, khususnya di saat banyaknya penawaran diskon yang diberikan kepada masyarakat.

“Pada awal Ramadan, tidak kelihatan ada pergerakan. Tetapi, sejak H-10, ada peningkatan pembelanjaan sampai 25% dari hari-hari sebelumnya,” tuturnya.

Roy memprediksi peningkatan penjualan akan terus terjadi hingga tujuh hari pascalebaran.

Apa yang terjadi pada saat ini, papar Roy, sama persis dengan apa yang terjadi pada tahun sebelumnya. Namun, pada saat itu, tepat setelah H+7, daya beli masyarakat langsung menurun drastis.

“Namun, kami optimis tahun ini tidak akan terjadi hal seperti itu. Saat ini kondisi perekonomian sudah semakin baik. BI rate turun, adanya deregulasi, penguatan rupiah, itu semua menjadi faktor,” jelasnya.

Aprindo pada tahun ini menargetkan penjualan sebesar Rp200 triliun, meningkat 8% dari tahun sebelumnya yang hanya Rp172 triliun.

“Kami targetkan dari masa Ramadan dan Lebaran ini ada kontribusi 45% atau sekitar Rp80 triliun. Ini bisa menjadi titik awal recovery dunia industri ritel kita yang kurang baik pada tahun lalu,” pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Moch Asim

Menkeu Zaman SBY Anggap Program Kartu Prakerja Tidak Efektif

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 18 Oktober 2021, 15:11 WIB
Dari sisi pengembangan kecakapan kerja, program Kartu Prakerja tak memberikan dampak...
Antara

Chatib Basri: Ini Tiga Sektor yang Harus Diperhatikan Pemerintah Saat Krisis

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 18 Oktober 2021, 14:55 WIB
Dukungan pemerintah dapat diarahkan ke tiga sektor, yakni kesehatan, perlindungan sosial dan UMKM. Apalagi ketiga sektor itu tergolong...
Antara

Pertamina Beri Sanksi 91 SPBU yang Menyeleweng

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 14:29 WIB
Pertamina Patra Niaga memberikan sanksi tegas kepada puluhan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum yang didapati lakukan penyelewengan alias...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya