Selasa 22 November 2022, 17:08 WIB

Hingga November, Pertamina Patra Niaga Tuntaskan Penyaluran Konversi LPG bagi 5 Ribu Nelayan dan 6 Ribu Petani

Mediaindonesia.com | Ekonomi
 

“MENGGUNAKAN gas sebagai bahan bakar kapal terbukti jauh lebih hemat. Untuk jarak tempuh, 1 tabung LPG 3 Kg itu setara sekitar BBM 7-8 liter, jadi bisa dibayangkan selisih harga untuk bahan bakar kapal untuk jarak yang sama,” ujar Tusman, salah satu nelayan di Kutawaru, Cilacap Jawa Tengah yang sudah memanfaatkan bahan bakar gas untuk kapalnya, Minggu. (20/11). 

Memperluas manfaat penggunaan bahan bakar gas, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas, Kementerian Energu dan Sumber Daya Mineral bersama dengan Komisi VII DPR RI melalui penugasan kepada Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading berupaya melanjutkan program konversi LPG bagi nelayan dan petani. 

“Sejak tahun 2016 hingga 2021, pemerintah telah menyalurkan 85 ribu lebih paket konverter kit pada nelayan. Untuk petani, sejak tahun 2019 sudah disalurkan 14 ribu lebih paket konverter kit,” jelas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji. 

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Soeparwoto mengatakan, dengan konversi BBM menjadi LPG maka akan jauh lebih hemat dan energi yang lebih bersih serta mengurangi pencemaran. 

“Dari laporan, 1 tabung LPG 3 Kg setara setidaknya 7 liter BBM, jelas sangat menghemat. Disisi lingkungan emisi gas juga lebih kecil. Penghematan sekecil apapun harus dilakukan dan didukung, supaya nelayan dan petani lebih sejahtera,” tutur Sugeng.

Baca juga : Tim Pertamina Sabet Penghargaan dari Seoul International Invention Fair 2022

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra berkomitmen meneruskan target penugasan penyaluran paket konverter LPG bagi nelayan dan petani hingga akhir tahun 2022. 

“Pertamina Patra Niaga mendapatkan amanah untuk menyelesaikan konversi BBM ke BBG bagi nelayan di 51 kota/kabupaten dan petani yang tersebar di 50 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Mars Ega. 

Hingga 20 November, Pertamina Patra Niaga telah menuntaskan penyaluran konversi LPG bagi 5.244 paket konverter kit bagi nelayan dan 6.655 paket konverter kit bagi petani. Karena ini diberikan kepada nelayan dan petani yang berhak, Mars Ega menambahkan, Pertamina Patra Niaga juga memastikan ketersediaan dan kelancaran distribusi LPG melalui melalui program One Village One Outlet (OVOO). 

“Keberlanjutan program konversi dapat berjalan dengan baik dengan memastikan stok LPG, melalui OVOO saat ini sudah 95% kelurahan atau desa dilayani setidaknya satu outlet LPG. Harapannya, program dan paket konversi ini dapat berkelanjutan dan terus memberikan manfaat besar bagi nelayan dan petani di Indonesia,” pungkas Mars Ega. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Singles Day 2022: Perubahan Cara Berbelanja pada Konsumen Indonesia

👤nediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 18:45 WIB
Di Indonesia, penjualan ritel internet meningkat sebanyak 131%, dengan tingkat konversi yang tinggi di antara pembeli...
Dok MI

ADB Kucurkan Pinjaman US$500 Juta untuk Dukung Reformasi Sektor Energi

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 29 November 2022, 17:56 WIB
Pinjaman ini juga diperuntukan memperluas investasi sektor swasta di bidang energi bersih dan...
Ist

Kecelakaan Kerja, Pegawai BNI Dapat Santunan Rp439 Juta dari BPJAMSOSTEK

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 17:51 WIB
BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Grha BPJamsostek menyerahkan santunan kepada ahli waris yang diterima Lailatul Maghfiroh dengan total...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya