Senin 07 November 2022, 15:31 WIB

BPS Sebut Aktivitas Belanja Kelompok Masyarakat Menengah Atas Terus Meningkat

Ficky Ramadhan | Ekonomi
BPS Sebut Aktivitas Belanja Kelompok Masyarakat Menengah Atas Terus Meningkat

Ist
Ilustrasi

 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi rumah tangga pada kuartal III-2022 ini mengalami pertumbuhan sebesar 5,93% secara tahunan atau year on year (yoy). Menurut BPS, pertumbuhan tersebut di dorong oleh aktivitas konsumsi masyarakat menengah atas yang terus meningkat.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, pada kuartal III-2022 ini konsumsi rumah tangga mampu tumbuh karena adanya faktor aktivitas belanja pada kelompok masyarakat menengah atas khususnya untuk kebutuhan tersier.

"Dorongan konsumsi rumah tangga ini tercermin dari peningkatan mobilitas masyarakat jika dibandingkan dengan kondisi kuartal III-2021. Dan ada indikiasi bahwa konsumsi rumah tangga mampu tumbuh 5,39% karena adanya peningkatan aktivitas belanja pada kelompok masyarakat menengah atas, khususnya untuk kebutuhan tersier.," ujar Margo dalam konferensi pers, Senin (7/11).

Margo melanjutkan, dengan kelompok masyarakat menengah atas yang menunjukan peningkatan dalam konsumsinya, tentunya hal tersebut dapat memberikan pengaruh besar kepada kelompok yang lainnya.

"Tentu saja jika kelompok menengah atas meningkatkan konsumsinya, pastinya akan memberikan pengaruh besar pada kelompok-kelompok lainnya. Ini tren yang sangat baik dan pemulihan ekonomi kita berlanjut serta semakin menguat," ucap Margo.

Sebelumnya, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2022 mencapai 5,72% secara tahunan year on year (yoy). Ini merupakan pertumbuhan yang lebih tinggi dari pertumbuhan pada kuartal II-2022 yang sebesar 5,44% secara tahunan, dan melampaui capaian pada kuartal sama tahun sebelumnya yang sebesar 3,51% secara tahunan. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Erick Thohir Beri Perhatian Tingkatkan Kesejahteraan Petani

👤Mediaindonesia.con 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:56 WIB
Erick Thohir melihat sektor pertanian nasional memiliki potensi besar yang bisa terus dikembangkan...
MI/Dwi Apriani

SMBR Borong Penghargaan di Akhir Tahun 2022

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:45 WIB
AKHIR tahun 2022, PT Semen Baturaja (Persero/SMBR) Tbk mendapatkan beberapa penghargaan atas kinerja dan program-program perusahaan yang...
ANTARA/MAKNA ZAEZAR

Target Belanja APBN Turun, Presiden Minta Kawal Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:10 WIB
Total belanja APBN 2023 sebesar Rp3.061 triliun, turun sedikit dari target belanja APBN 2022 yang mencapai Rp3.164...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya