Jumat 04 November 2022, 13:46 WIB

Moeldoko : Ekonomi Indonesia Diperkirakan Tetap Tumbuh, Tapi Melambat pada 2023

Indriyani Astuti | Ekonomi
Moeldoko : Ekonomi Indonesia Diperkirakan Tetap Tumbuh, Tapi Melambat pada 2023

MI/ANDRI WIDIYANTO
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko

 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan perekonomian Indonesia diperkirakan tetap akan tumbuh, meski pertumbuhannya melambat. Moeldoko menyampaikan itu terkait ancaman resesi yang melanda Indonesia pada 2023.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Ekonomi tetap tumbuh meski trennya slowdown (lambat). Jadi yang punya banyak uang silakan belanjakan uangnya karena itu akan menjaga perekonomian kita terus bergerak,” tegas Moeldoko, di gedung Bina Graha Jakarta, Jum'at (4/11).

Moeldoko mengatakan peringatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang ancaman resesi global bukan untuk menakut-nakuti namun agar masyarakat Indonesia waspada terhadap kondisi global. Di beberapa negara, imbuh dia, telah terjadi perlambatan ekonomi serta ancaman krisis energi, pangan, dan krisis keuanga global akibat naiknya tensi geopolitik.

Kondisi tersebut, sambung dia, turut berdampak pada Indonesia. Perlambatan pertumbuhan negara-negara maju, ujar Moeldoko, menyebabkan permintaan barang ekspor berkurang. Akibatnya nilai ekspor dan impor Indonesia turun, dan pada gilirannya nilai surplus perdagangan bisa mengalami penurunan.

“Dampaknya terhadap perekonomian kita tentu saja ada, tapi tidak terlalu besar. Karena sejauh ini komponen utama PDB kita adalah konsumsi rumah tangga (dalam negeri). Kita harus tetap optimistis dan terus waspada,” kata Moeldoko.

Ia lebih jauh mengatakan secara makro pemerintah dan otoritas moneter telah melakukan antisipasi melalui kebijakan fiskal maupun moneter. Bank Indonesia, sambung Moeldoko menerapkan berbagai instrumen untuk meredam kenaikan inflasi. Sementara pemerintah pusat dan daerah, imbuh dia, berusaha mengendalikan harga-harga dengan memperkuat skema bantuan sosial. Tujuannya agar bantuan sosial dapat menjadi bantalan bagi masyarakat, khususnya kelompok menengah ke bawah.

“Mulai 2023 kita akan kembali ke defisit anggaran maksimal tiga% terhadap Produk Domestik Bruto, seperti sebelum pandemi Covid-19,”jelas Moeldoko. (OL-12)

Baca Juga

Dok.Ist

Jasa Interior Ini Banjir Pesanan Sejak  Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:30 WIB
Hal lain yang membuat CG Interior lebih unggul adalah manufaktur dari mebel dan perabotan yang dilakukan sendiri di pabrik...
Ist

Ahli Waris Pegawai Lion Group Dapat Santunan JKK Sebesar Rp 448 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 23:11 WIB
Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) BPJS Ketenagakerjaaan diterima ahli waris dari karyawan Lion Group yakni istrinya Megawati...
DOK MI

Masyarakat Koperasi Tolak OJK Jadi Pengawas Koperasi

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 22:33 WIB
Para penggiat koperasi menolak wacana pengawasan koperasi simpan pinjam dilakukan Otoritas Jasa Keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya